Jumat, 23 Februari 2018

Irigasi Banda Santok di Kecamatan Pariaman Timur Butuh Pengerukan

Camat Pariaman Timur Hendri Ketika Dilantik Menjadi Camat Beberapa Lalu, Menerima Ucapan Selamat dari Walikota Pariaman Mukhlis Rahman
 PARIAMAN. (Reportase Sumbar)---Kondisi irigasi banda santok yang mengalir hingga jauh sampai ke pusat Kota Pariaman, dewasa ini kondisinya sangat membutuhkan perhatian khusus dari pihak terkait.

Pasalnya, seperti diakui Camat Pariaman Timur, Hendri, akibat pendangkalan yang dialami aliran Banda Santok maka saat hujan airnya sering melimpah ke jalan raya. Sementara saat musim kering airnya juga cenderung mengalami penyusutan.

“Karena itulah solusi yang sangat dibutuhkan saat ini yaitu perlunya pengerukan terhadap aliran irigasi Batang Santok tersebut. Lagi pula sejak beberapa tahun belakangan, pengerukan terhadap aliran irigasi tersebut juga tidak pernah dilakukan,” terangnya.

Diakuinya, pendangkalan yang dialami aliran irigasi Banda Santok, juga tidak terlepas dari banyaknya sampah atau lumpur yang mengendap di permukaan aliran irigasi tersebut. Selain itu, bagian tembok pengaman pada bagian kiri dan kanannya juga sudah mulai mengalami kerusakan di sana-sini.

“Makanya harapan kita ke depannya, bagian sisi kanan dan kiri aliran irigasi Banda Santok tersebut seyogyanya bisa dibenahi sedemikian rupa. Termasuk kalau bias hendaknya ditembok kembali secara permanen,” terangnya.

Mantan Kabag Humas Pemko Pariaman ini juga mengakui, jika keberadaan irigasi Banda Santok selama ini memang sangat fital artinya dalam menunjang perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Pasalnya, keberadaan irigasi Banda Santok tersebut tidak hanya sangat fital artinya untuk mengairi lahan pertanian masyarakat, namun juga dimanfaatkan pula untuk pembudidayaan ikan air tawar, melalui program Ikan Larangan. (ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: