Jumat, 09 Februari 2018

14 Partai Dinyatakan Lolos Verifikasi KPU Padang Pariaman

Ketua KPU Padang Pariaman Zulfahmi
PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)---Rapat Pleno Terbuka KPU Padangpariaman terkait penetapan Hasil Verifikasi Partai Politik yang berlangsung Kamis kemarin di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman berlangsung aman dan lancar.

Selain penetapan hasilverifikasi parpol, dalam kesempatan itu pihak KPU juga ikut menyerahkan secara resmi berita acara penetapan verifikasi kepada perwakilan parpol yang hadir.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 14 partai politik berhasil ditetapkan memenuhi persyaratan verifikasi yang dilakukan pihak KPU beberapa hari sebelumnya. Seperti terungkap Kamis kemarin, Pleno Terbuka KPU yang berlangsung Kamis kemarin dipimpin langsung oleh Ketua KPU Padangpariaman, Zulfami, didampingi sejumlah Komisironer KPU Padangpariaman lainnya.

Seperti diakui Ketua KPU Padangpariaman, sesuai dengan ketentuan yangt ada, maka verifikasi yang dilakukan KPU mencakup empat aspek utama. “Diantaranya yaitu tentang kepengurusan, terkait domisili kantor, verifikasi keanggotaan,serta keterwakilan 30 persen perempuan,” terangnya.

Selanjutnya, berdasarkan verifikasi yang dilakukan KPU, akhirnya ditetapkan sebanyak 14 partai yang memenuhi syarata. Terdiri dari 3 partai baru8 dan 11 partai lama. “selanjutnya penetapan hasil verifikasi parpol ini akan kita serahkan ke KPU Provinsi dan KPU RI. Selanjutnya nanti KPU RI yang akan menetapkan partai apa saja yang dianggap memenuhi persyaratan sebagai parpol peserta pemilu nantinya,” terangnya.

Penetapan hasil verifikasi yang dilakukan Kamis kemarin lanjut Zulfami sepenuhnya mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku. Diantaranya, UU Nomor 6 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 5 Tahun 2018.

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Suarni Murad, dalam kesempatan itu mengimbau semua pihak untuk ikut bersama-sama menyukseskan jalannya pemilihan umum di Kabupaten Padangpariaman.

“Jadi meskipun pilihan berbeda namun  hal itu hendaknya jangan sampai mengganggu suasana kebersamangan dan semangat persatuan dan kesatuan yang telah terbina dengan baik selama ini,” ujarnya.

Bupati juga berharap agar kesusksesan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Padangpariaman, baik itu pemilu legislatif ataupun pemilu presiden hendaknya bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Sumatera Barat.

”Karena seperti diketahui, seperti diakui Pak Gubernur Sumbar, bahwa suksesnya penyelenggaran pemilu di Kabupaten Padangpariaman selama ini kerap menjadi barometer bagi keberhasilan penyelenggaraan pemilu di Sumatera Barat, untuk itu hal ini tentunya perlu terus kita pelihara dan kita tingkatkan lagi pada masa mendatang,” imbuhnya.

Juga hadir dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar KPU Padangpariaman Kamis kemarin, unsur Fokopinda, para pimpinan parpol,panwas serta jajaran pemerintah Kabupaten Padangpariaman lainnya. (ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: