Kamis, 25 Januari 2018

Kamis KPU Padang Pariaman Gelar Rakor


PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)---Jajaran KPU Padangpariaman yang diketuai Zulfami saat ini terus mengkebut berbagai persiapan dalam rangka menyukseskan jalannya pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Padangpariaman. Baik itu pemilu legislatif maupun pemilu presiden yang akan berlangsung pada tahun depan.

Seperti diakui Ketua KPU Padangpariaman, Zulfami sat dihubungi di ruang kerjanya kemarin. pihaknya dari KPU saat ini tengah fokus untuk melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah partai politik yang terdaftar di KPU Padangpariaman. "Seperti diketahui, selain 10 partai lama, juga ada tiga partai baru yang akan kita lakukan verifikasi faktual. Yaitu Perindo, PSI dan Partai Garuda," terangnya.

Menurut Zulfami, proses verifikasi faktual yang dilakukan pihaknya tersebut sepenuhnya mengacu pada Peraturan KPU Pusat."Sesuai tahapan yang akan kita menjadwalkan akan melakukan proses verifikasi mulai tanggal 30 Januari 2018 mendatang. Pelaksanaannya berlangsung selama tiga hari," terangnya.

Proses verifikasi faktual sendiri lanjutnya nantinya akan mencakup kepengurusan partai, keanggotaan, alamat sekretariat hingga keterwakilan 30 persen perempuan.

Selanjutnya, bagi parpol yang belum memenuhi persyaratan selanjutnya akan disediakan tiga hari untuk perbaikan. Masing-masing, tanggal 3 s-d 5Februari. "selanjutnya akan dilanjutkan dengan verifikasi hasil perbaikan," tegasnya.

Gelar Rakor Penetapan PPK

Di pihak lain, jika tak ada aral melintang, Kamis (25/1)) jajaran KPU Padangpariaman bakal menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman. Informasi yang dihimpun melalui Ketua Divisi Hukum KPU Padangpariaman, Zulnaidi terungkap, rakor tersebut sedianya akan digelar di ruang pertemuan KPU Padangpariaman di Paritmalintang.

"Dalam rakor besok (hari ini,red), kita juga bakal mengundang sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman, termasuk para camat di yang ada di wilayah Kabupaten Padangpariaman," terangnya.

Disebutkannya, Rakor persiapan penetapan PPK tersebut sengaja digelar untuk menyatukan visi dan persepsi dengan sejumlah pihak. Khususnya dengan sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman. "Karena seperti diketahui, keterlibatan pemerintah daerah sangat erat kaitannya dengan kehadiran PPK nantinya. Termasuk diantanya untuk pengadaan sekretariat dan lain sebagainya. Begitu pula halnya dengan pihak kecamatan. Karena pengumumannya nanti akan dilakukan di seluruh kantor kecamatan yang ada," terangnya.

YURISMAN MALALAK

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: