Selasa, 30 Januari 2018

485 Jamaah Nurul Yaqin Ringan-ringan Bertolak Ke Kuala Banda Aceh


PADANG PARIAMAN ( Reportase Sumbar)---Sebanyak 485 jamaah Padangpariaman yang tergabung dalam rombongan Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, Senin (29) kemarin secara resmi resmi bertolak ke Kuala Banda Aceh, guna mengikuti ziarah ke Makam Ulama Besar Syech Abdurrauf Singkil.

Seperti diakui Ketua Yayasan Pembangunan Islam Al Imraniyah, atau YPII, Idarussalam Tk Sutan, tradisi ziarah ke makam guru Syech Burhanuddin tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap sekali dua tahun.

"Adapun tujuan ziarah itu sendiri terutama dimaksudkan untuk menziarahi makam Auliya Allah SWT, seperti halnya Syech Abdurrauf. Dan seperti diketahui, menziarahi makam para Aulia Allah adalah sesuatu yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam," terang Tuanku Idarussalam.

Menurutnya, rombongan jamaah Pesantren Nurul Yaqin tersebut bertolak Senin kemarin menuju Kuala Banda Aceh menggunakan 11 bus, dimana selama berada di Kuala mereka akan mengikuti beragam amalan keagamaan. Seperti wirid berzikir dan melaksanakan ibadah serta amalan lainnya. "Bahkan selama berada di sana, para rombongan nantinya juga akan menggelar kegiatan zikir bersama dengan jamaah zikir setempat. Mereka nantinya akan saling berkolaborasi satu sama lain dalam melantunkan zikir," tegasnya.

Diakuinya, kegiatan ziarah ke Kuala Banda Aceh, pada dasarnya merupakan tradisi turun temurun yang berlangsung sejak era Syech Ali Imran selaku pendiri Pesantren Nurul Yaqin masih hidup. Dan sampai kini tradisi  tersebut masih terus bertahan dan tetap lestari. (ris)


SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: