Kamis, 23 November 2017

Ruas Jalan Palak Tabu, Harapan Baru Masyarakat Sungai Geringging


Sungai Geringging ( Reportase Sumbar)--Keberadaan ruas jalan Sungai Geringging yang terhubung dengan Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, via kawasan Palak Tabu, agaknya mampu memberikan harapan baru bagi masyarakat Sungai Geringging dan  sekitarnya.

Pasalnya, kehadiran dan keberadaan ruas jalan tersebut tidak hanya bakal semakin memudahkan akses transfortasi perhubungan antar kedua daerah, namun ke depannya  juga diyakini bakal berpeluang bisa berkembang menjadi jalan alternatif, sekaligus sebagai primadona baru bagi pengendara lalu lintas yang datang dari  arah Sungai Geringging atau Lubuk Basuang untuk menuju Kota Bukittinggi.

"Karena alasan itulah, masyarakat Sungai Geringging dan sekitarnya jelas sangat antusias sekali dalam mendukung  program pelebaran jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan di Padangpariaman dan Kabupaten Agam tersebut," terang Camat Sungai Geringging, Rustam, saat dikonfirmasi kemarin.

Seperti diketahui, selain terhubung langsung dengan Kecamatan V Koto Timur di Kabupaten Padangpariaman, akses jalan Palak Tabu dimaksud juga bisa terakses langsung dengan jalan negara, atau ruas jalan Koto Mambang, Tandikek, Malalak terus ke Bukittinggi.

Seperti diakui Camat Sungai Geringging, Rustam, yang tak lain adalah mantan Kadis Koperindag Kabupaten Padangpariaman ini.

Menurutnya, sejak beberapa waktu lalu, ruas  jalan yang ada di kawasan itu, telah mulai dilakukan pelebarannya, khususnya di sekitar Kecamatan V Koto Timur.  "Bahkan pada tahun 2018 ini, sesuai dengan program Pak Bupati Ali Mukhni, rencananya juga kembali akan melanjutkan program pengembangan dan pelebaran ruas  jalan yang menghubungkan antara Kecamatan V Koto Timur dan Kecamatan Sungai Geringging tersebut. Dan itu tentunya jelas sangat menggembirakan bagi masyarakat di sekitar ruas jalan tersebut.

Pasalnya, ke depannya akses transportasi melewati ruas jalan tersebut akan lebih lebar dan lancar.

"Selain itu, untuk jangka panjang, jika nantinya ruas jalan itu telah berhasil dirampungkan, maka bisa saja pengendara dari arah Lubuk Basung yang ingin ke Bukittinggi misalnya, juga akan lebih memilih jalur alternatif ini. Karena dengan melewati jalur ruas jalan ini, mereka bisa terhindar  melewati Kelok 44 yang medannya terbilang cukup berat itu," terang Rustam menambahkan.

Karena itulah Rustam  tidak menampik jika masyarakat Sungai Geringging sendiri jelas sangat antusias menyambut program pemerintah untuk mengembangkan ruas jalan Sungai Geringging-V Koto Timur via Palak Tabu tersebut,  karena dengan begitu daerah-daerah di sepanjang ruas jalan tersebut nantinya akan semakin terbuka dan berkembang dengan pesat.

Demikian pula, para petani yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut juga nantinya akan merasa sangat terbantu , sebab  mereka  bisa lebih mudah dan leluasa untuk mengangkut hasil pertaniannya.

"Selain itu ke depannya juga tidak tertutup kemungkinan nantinya akan banyak pula permunculan layanan angkutan  transfortasi baru yang melayani rute Sungai Geringging-Bukittinggi via PalakTabu misalnya, atau sebaliknya," terangnya.

Rustam juga menegaskan, terkait kelanjutan pelebaran ruas jalan tersebut, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Termasuk diantaranya tidak adanya kendala  terkait pembebasan lahan untuk keperluan pengembangan atau pelebaran ruas jalan tersebut.

Di pihak lain hasil pantauan koran ini kemarin, terlihat  sebagian ruas jalan di yang menghubungkan antara Kecamatan V Koto Timur dan Kecamatan Sungai Geringging via Palak Tabu tersebut,  telah mulai diperlebar.  Pelebaran jalan itu khususnya terlihati dimulai dari arah Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur. Sementara itu, di beberapa titik ruas jalan yang belum diperlebar di sekitar Kecamatan Sungai Geringging, medannya  terlihat masih cukup berat, dsebabkan banyaknya aspal jalan yang telah mengalami kerusakan serius, akibat belum diaspal ulang.

Seperti diketahui, Bupati Ali Mukhni sendiri juga berharap dengan dibukanya akses jalan  Sungai Geringging Padang Alai, Tandikek terus ke Bukitinggi ini nantinya bakal membuat hadirnya sejumlah pusat pertumbuhan ekonomi baru, di sepanjang ruas jalan tersebut. Karena itulah, Pemkab Padangpariaman sendiri telah berkomitmen untuk terus menganggarkan dana untuk keperluan pengembangan ruas jalan di kawasan itu. (yurisman malalak)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: