Selasa, 24 Oktober 2017

Alumni SMKN I Pariaman Bantu Almamater

SMKN 1 Pariaman, Alumninya Telah Tersebar Diseluruh Indonesia, Bentuk Kepedulian Alumni Para Alumni Jabodetabek Menyerahkan Bantuan Kepada Sekolah Yang Telah Mendidiknya
 Pariaman, (Reportase Sumbar)---Kiprah dan kepedulian para alumni SMKN I Pariaman dalam membantu sekolah yang  telah membesarkan mereka selama ini terus berlanjut.  Seperti terlihat Senin kemarin, dimana alumni SMKN I Kota Pariaman kembali menyerahkan bantuan tiga unit kipas angin, yang diterima langsung oleh Kepala SMKN I Kota Pariaman, Erizal.

"Bantuan ini berasal dari para alumni SMKN I Pariaman yang ada di Jabodetabek, semoga saja bantuan ini bisa bermanfaat bagi sekolah, sekaligus sebagai wujud kepedulian dari alumni terhadap almamaternya," ujar Hendri Tanjung, selaku Ketua DPW Alumni SMKN I Pariaman, dan  Indra Jaya, salah seorang pengurus alumni SMKN I Pariaman saat dihubungi usai penyerahan bantuan Senin kemarin.

Diakuinya, bantuan tiga unit kipas angin yang diserahkan Senin kemarin, merupakan tindaklanjut dari bantuan yang telah diserahkan para alumni sebelumnya, yaitu berupa mesin pemotong rumput dan bantuan tikar lainnya.

Sebagai alumni pihaknya mengaku merasa terpanggil untuk membantu berbagai kekurangan yang terdapat di SMKN I Kota Pariaman, termasuk diantaranya bagaimana memberikan berbagai kontribusi berupa informasi penempatan kerja bagi para tamatan SMKN I Pariaman, sehingga dengan begitu para tamatan SMKN I Pariaman nantinya diharapkan  bisa lebih eksis diterima di dunia kerja, tentunya sesuai bidang keahlian mereka masing-masing.  "Kalau memang dibutuhkan  almamater, kami sebagai alumni tentunya akan selalu siap untuk membantu, termasuk diantaranya terkait peluang penempatan kerja bagi para tamatan SMKN I Pariaman ini. Prinsipnya, sebagai alumni kami siap bahu membahu dengan pihak sekolah dan orangtua murid untuk mewujudkan tujuan pendidikan di sekolah ini," terangnya.

Untuk itulah pihaknya tak luput mengimbau para alumni lainnya, agar bisa berkontribusi nyata dalam membantu sekolah yang telah membesarkan mereka selama ini. "Sepeti diketahui alumni SMKN I inikan banyak tersebar di berbagai lapangan kerja, bahkan ada yang lahir menjadi kepala daerah, aparatur negara, pengusaha dan lain sebagainya. Makanya, kinilah saatnya bagi kita untuk berkiprah dalam memajukan sekolah ini," imbuhnya.

Senada dengan itu diakui Indra Jaya, pengurus alumni SMKN I Pariaman. Sebagai alumni pihaknya mengaku siap untuk membantu menjembatani berbagai kebutuhan almamaternya dalam rangka memajukan sekolah yang telah membesarkan mereka selama ini. "Namun demikian harapan kita ke depannya, bagaimana agar alumni SMKN I Pariaman ini ke hendaknya bisa terinventarisir sedemikian rupa, sehingga nantinya keberadaan alumni memiliki ruang dan peran yang lebih jelas lagi, untuk bisa memberikan kemanfaatan tertentu terhadap almamater yang telah membesarkan mereka selama ini.  Untuk itulah lanjutnya, mungkin ke depan, sistem jaringan informasi antar alumni ke depannya perlu lebih dioptimalkan lagi.

Pihaknya juga berharap agar adik-adiknya yang masih menuntut ilmu di SMKN I Pariaman bisa terus meningkatkan kompetensi dirinya masing-masing, sehingga dengan begitu mereka bisa lebih siap dalam menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja akhir-akhir ini.

Senada dengan itu, Kepala SMKN I Pariaman, Erizal didampingi Waka Kurikulum Nasrul Jalaluddin, mengaku sangat mengapresiasi kepedulian para alumni SMKN I Pariaman dalam membantu almamater mereka selama ini.  Menurutnya, keberadaan alumni bagi sebuah sekolah, seperti SMKN I Pariaman yang dipimpinnya saat ini jelas sangat strategis sekali.

"Karena seperti diketahui, salah satu tujuan sekolah SMK itukan  untuk menciptakan tamatan yang siap kerja, karena itulah keberadaan dan peran alumni jelas sangat penting sekali. Apalagi seperti diketahui, alumni SMKN I Kota Pariaman ini juga telah banyak yang sukses di berbagai jenis lapangan pekerjaan. Apakah itu sebagai pengusaha, birokrat dan lain sebagainya. Makanya tentu keberadaan mereka sangat diharapkan untuk bisa berkontribusi nyata terhadap almamater mereka. Salah satunya, bagaimana memberikan informasi dan peluang penempatan kerja bagi para tamatan SMKN I Pariaman ini," terangnya. Demikian pula halnya untuk program pemagangan lainnya.

Apalagi jelas Erizal, dari data yang ada, jumlah alumni SMKN I Pariaman juga terbilang sangat besar, yaitu diperkirakan mencapai 10 ribuan orang lebih. "Makanya jika saja potensi alumni ini bisa dimanfaatkan secara optimal tentunya akan sangat bermanfaat dalam membantu memajukan sekolah,  terutama sekali untuk membuka akses yang lebih  luas bagi penempatan tamatan SMKN I di dunia kerja," terangnya.

YURISMAN MALALAK

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: