Untuk Dukung Kegiatan Praktek, SMKN 3 Pariaman Membutuhkan Simulator Kapal - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 28 September 2017

Untuk Dukung Kegiatan Praktek, SMKN 3 Pariaman Membutuhkan Simulator Kapal

Simulator Kapal ( Fhoto Internet )


Pariaman, (Reportase Sumbar)---SMKN3 Kota Pariaman saat ini sangat membutuhkan kehadiran simulator kapal. Pasalnya kehadiran simulator tersebut sangat penting artinya guna mendukung kegiatan praktek siswa di sekolah itu, khususnnya untuk latihan gerak, layaknya saat berada di atas kapal.

"Dari berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjag proses pembelajaran di sekolah ini, saat ini memang hanya simulator yang belum kita miliki. Karena itulah kita berharap ke depannya sekolah ini bisa dilengkapi dengan simulator," demikian ditegaskan Kepala SMKN3 Pariaman, Drs Rafuddin, saat dihubungi di ruag kerjanya kemarin.

Menurut Rafuddin, mengingat belum adanya simulator di sekolah yang dipimpinnya itu, maka untuk sementara ini pihaknya membina kerjasama dengan Balai Pelatihan dan Pendidikan Ilmu Pelayaran Padangpariaman, yang memang telah memiliki simulator sendiri.

Di sisi lain, untuk melahirkan tamatan yang berkarakter serta memiliki kompetensi tinggi di bidangnya,SMKN 3 Kota Pariaman terus memperkuat karakter para anak didiknya. Seperti diakui Kepala SMKN 3 Kota Pariaman, Drs Rafuddin, bahwa penanaman nilai karakter terhadap siswa di SMKN 3 Pariaman, pada dasarnya saling terkait satu sama lain dengan peningkatan kompetensi siswa itu sendiri. "Makanya di SMKN 3 Pariaman ini, keduanya, yaitu penanaman nilai karakter dan peningkatan kompetensi siswa selalu dilakukan secara berbarengan," demikian tegas Rafuddin, saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin.

Lebih jauh ditegaskannya, penanaman nilai karakter terhadap siswa di SMKN 3 Kotya Pariaman, antara lain terlihat dengan adanya aturan tertulis yang lahir dalam korp ketarunaan, dimana hal itu selanjutnya sekaligus dijadikan sebagai kepribadian bagi seluruh taruna yang menimba pendidikan di sekolah tersebut.

"Karena kita sangat menyadari, nilai karakter bagi seorang taruna  tak ubahnya bagaikan roh, yang berfungsi sebagai sumber penggerak, baik dalam bersikap maupun dalam bertindak. Jadi dengan landasan itulah hal itu nantinya diharapkan bisa menjadi inspirasi dalam setiap gerak yang dilahirkan, demikian pula saat berfikir dan bertindak," tegasnya.

Selain itu, proses pembelajaran di SMKN 3 Pariaman, di dalamnya inklut pula penanaman nilai-nilai karakter.

Demikian pula untuk peningkatan kompetensi bagi para tamatan SMKN 3 Pariaman , SMKN 3 Pariaman saat ini juga tengah bersiap membuka lembaga Sertifikasi profesi sendiri, sehingga nantinya SMKN 3 Pariaman juga berhak mengeluarkan sertifikasi profesi sesuai dengan standar yang ditetapkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Pusat. Untuk itulah, pihaknya menargetkan, dalam dua bulan ke depan lisensi LSP-PI sudahj akan segera bisa diajukan ke BNSP pusat.

"Artinya, kalau hal itu sudah bisa kita lengkapi, maka para tamatan SMKN 3 Pariaman nantinya tidak hanya memiliki kompetensi, melainkan juga diakui diakui memiliki legalitas, tentunya sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan oleh dunia kerja maupun lembaga BNSP sendiri," tetasnya.

Meski demikian, sejak empat tahun lalu seluruh tamatan yang dilahirkan SMKN 3 Pariaman juga telah dibekali pula dengan sertifikat profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi BNSP, yang bisa dipakai di sepuluh negara, plus negara-negara asia pasifik.

Dengan alasan itu, tidak heran bila tamatan SMKN 3 Pariama belakangan sangat diminati dunia kerja. Terbukti, tamatan tahun ajaran 2016-2017 lalu misalnya, sebanyak 28 orang diantaranya berhasil diterima magang di negara jepang. Bahkan, khusus untuk jurusan Nautika dan Tekhnika kapal tangkap, tercatat sekitar 98 persen diantaranya berhasil terserap di berbagai lapangan kerja, baik di dalam maupun luar negeri. Utamanya di negara Jepang. Belum lagi yang bekerja sebagai PNS dan lain sebbagainya.

Siap Go Internasional
Di pihak lain, setelah ditetapkan sebagai sekolah berprestasi membanggakan dengan meraih juara I sekolah pantai terbaik tingkat nasional tahun 2016 dan juara I nasional bidang nautika, kini SMKN 3 Pariaman pun siap menatap target lebih tiggi lagi. Yaitu membidik prestasi tingkat regional, bahkan internasional.

Seperti diakui Kepala SMKN 3 Pariaman, Rafuddin, salah satu lagkah untuk itu adalah dengan adanya menjalin kerjasama dengan sejumlah ahli dari negeri Belanda yang telah menjalani masa pensiun. Para ahli yang tergabung dalam PUM, yang bergerak dalam bidang consultasy, vocation dan education ini, sejak tahun 2016 lalu bahkan  telah aktif memberikan pelatihan dan pembekalan bagi taruna  di SMKN 3 Pariaman.

Selain itu, dalam waktu dekat, Kepala SMKN 3 Kota Pariaman, bersama 21 kepala SMK se Sumbar juga dijadwalkan akan melakukan ovserver atau observasi ke negara Abu Dhabi, guna menyaksikan dari dekat ajang kejuaraan lomba kompetensi SMK tingkat internasional.

YURISMAN MALALAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad