Rabu, 06 September 2017

Kantor Walinagari Sunur Dibangun Baru di Padang Kabau

Gambar Ilustrasi Nagari Sunur Kecamatan Nansabaris
 Nansabaris (Reportase Sumbar)---Pembangunan kantor walinagari Sunur yang baru, yang terletak di di daerah Padang Kabau Nagari Sunur Kecamatan Nan Sabaris, Padangpariaman diharapkan nantinya bisa menjawab tuntutan dan harapan masyarakat terhadap hadirnya kantor walinagari yang lebih refresentatif di daerah ini.

Seperti diakui Walinagari Sunur, Basra saat dihubungi di ruang kerjanya Selasa kemarin, bahwa proses pembangunan kantor walinagari Sunur tersebut  bahkan telah dimulai diawali, yang ditandai pelatakan batu pertama oleh  Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, pada pekan lalu. 

Menurutnya, kantor Walinagari Sunur yang baru tersebut dibangun di atas lahan seluas satu hektar, yang berasal tanah wakaf dari warga dari warga.

"Yang jelas, untuk membangun kantor walinagari tersebut kita dari pemerintahan nagari tentunya akan mempedomani peraturan yang ada, termasuk diantaranya Peraturan Bupati Padangpariaman. Dimana ruangan yang tersedia di kantor tersebut nantinya harus lengkap, di samping dilengkapi pula dengan pekarangan dan fasilitas taman, tempat parkir dan lain sebagainya," ujarnya.

Pihaknya sebut Basra mengaku sangat optimis jika kehadiran kantor walinagari baru di Nagari Sunur itu nantinya bakal bisa dilesesaikan sesuai terget yang ada, sehingga dengan begitu juga keberadaannya bisa lebih mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

Didukung letersediaan lahan yang demikian luas, dengan luas lebih kurang 1 hektare , hal itu menurutnya jelas akan semakin memudahkan bagi pihaknya untuk bisa menata kawasan komplek kantor walinagari tersebut, sehingga nantinya kawasan itu bisa saja berkembang menjadi pusat perkantoran, di samping bakal dilengkapi pula dengan kehadiran lembaga pendidikan lainnya. Seperti halnya lembaga PAUD dan lain sebagainya.

Juga tidak ketinggalan pula kantor walinagaribaru tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Seperti halnya aula atau ruang pertemuan dan fasilitas pendukung lainnya.

"Hal itu pada dasarnya memang cukup beralasan sekali, terlebih di sekitar komplek lokasi pembangunan kantor walinagari itu juga telah ada bangunan Puskesmas, Pustu dan sejumlah perkantoran lainnya," ungkapnya.

Di sisi lain Basra mengakui, kantor walinagari Sunur yang tengah dibangun saat ini bukanlah yang pertama kali dibangun di Nagari Sunur, melainkan sebelumnya, masih dalam periode kepemimpinannya sebagai walinagari, juga telah dibangun kantor walinagari yang baru di Korong Pinti Kayu. "Namun karena daerah itu saat ini telah dimekarkan menjadi nagari baru, dan kebetulan pula lokasi kantor walinagari yang baru juga terletak di daerah itu, maka sebagai solusinya kita pun kembali memutuskan untuk membangun kembali kantor walinagari yang baru di Korong Padang Kabau," sebutnya.

Terkait prioritas utama dari program pemerintahan nagari yang dipimpinnya itu, Basra menyebutkan, diantara prioritas utama dari pemerintahan nagari saat ini yaitu bagaimana mewujudkan empat program prioritas utama yang telah diamanahkan oleh Kemendes RI. yaitu, program pembuatan embung, berupaya memfasilitasi produk pertanian yang menjadi unggulan daerah itu, di samping juga pengadaan Badan Usaha Milik Nagari atau BUMnAg.

"Khusus untuk komoditas unggulan pertanian, sesuai dengan potensi lahan yang ada di nagari ini, kita telah menetapkan komoditi kelapa dan padi sebagai komoditas unggulan di Nagari Sunur ini. Harapan kita tentunya kedua komoditi ini nantinya bisa terus meningkat dan berkembang dengan baik, sehingga pada akhirnya akan bermuara   pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini," terangnya. (RS/001)

SHARE THIS

Author:

Terima Kasih Anda Telah Mengujungi Portal Berita Reportase Sumbar - Kami hadir mengabarkan berita terkini

0 komentar: