Bupati Ali Mukhni Rutin Lakukan Penijauan Ke Kawasan Tarok City - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 12 Agustus 2017

Bupati Ali Mukhni Rutin Lakukan Penijauan Ke Kawasan Tarok City

Meski Hujan dan Jalannya Becek, Namun Tidak Mematahkan Semangat Bupati Ali Mukhi  meninjau kawasan Tarok City di Kenagarian Kepala Hilalang Kecamatan 2 x 11 Kayutanam. Terlihat Bupati tanpa beralas kaki harus menerjan lumpur yang becek, untuk melihat pembukaan lahan kawasan Tarok City ( Fhoto : Humas )
Tarok, (Reportase Sumbar)---Jalan masuk di pintu gerbang Tarok City di Kenagarian Kepala Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayutana, Kabupaten Padangpariaman telah dibuka. Atas dasar itu hingga kini Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni dan Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur rutin ke lokasi untuk melihat dari dekat pelaksanaan pembangunan kawasan terpadu tersebut.

Bahkan Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni meminta semua kepala dinas dan camat 2x11 Kayutanam rutin ke lokasi. "Kapan perlu Camat 2x11 Kayutanam ini berkantor di sini sampai selesai pengerjaanya. Lihat saja saya meski hujan lebat dan memakai payung tetap turun lapangan adalah bentuk kepeduliannya dalam menjalankan program pembangunan dalam kawasan Tarok City. Apalagi dengan terbuka lebar jalan masuk ke kawasan Tarok City tentu akses jalan tidak terganggu lagi menuju lokasi pembangunan," kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni di lokasi Simpang Tarok City, baru-baru ini

"Saya melakukan semua ini untuk melihat perkembangan jalan pintu masuk ke kawasan Tarok City. Apalagi selesai pengerjaan jalan masuk ke kawasan Tarok City tentu kita akan datangkan Gubernur Sumatra Barat ke lokasi. Semua itu kita lakukan agar proses pembangunan dalam kawasan Tarok City berjalan cepat. Kita Pemkab Padangpariaman sangat serius dalam menjalankan roda pembangunan di Kabupaten Padangpariaman untuk peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat itu turun didampingi Kepala Satuan Pol PP dan Damkar Padangpariaman Rianto serta Sekretarisnya, Nursyamsi bersama jajarannya. Saat itu Bupati juga didampingi Kepala Inspektorat Syafriwal Alek, Sekretris Dinas Perhubungan Padangpariaman Syafrimen, Camat 2x11 Kayutanam Ali Amri.

"Dengan telah terbukannya jalan masuk ke lokasi kawasan Tarok City saya meminta Camat 2x11 Kayutanam Ali Amri untuk berkantor disini saja, karena proses pembukaan jalan ini harus diawasi setiap watu agar proses berjalan lancar. Lihat saja saya kalau saya berada dalam daerah setiap hari pasti ke sini untuk melihat perkembangan terkini," ujarnya.

Katanya, dengan dibuka jalan masuk ini semua masyarakat semakin banyak mendukung program pembangunan ini. Buktinya, dua unit rumah masyarakat yang terkena imbas dari pembukaan jalan masuk ini dengan suka rela menyerahkan kepada Pemkab Padangpariaman untuk diganti rugi. Belum lagi masyarakat pemilik tanah yang terkena imbas dalam pembukaan jalan masuk ini juga menyerahkan sertifikatnya untuk dilakukan ganti rugi. Artinya, proses pembukaan jalan masuk ini tidak mengalami kendala.

"Kita berharap ke depan dukungan akan semakin banyak mengalir untuk proses pembangunan kawasan Tarok City ini. Sebab, dampak dari pembangunan kawasan Tarok City ii sangat banyak untuk masyarakat khusus masyarakat sekitar ekonominya saya yakini akan meningkat dari kondisi sebelum pembangunan kawasan Tarok City. Kenapa tidak, apa saja yang akan dibuat masyarakat disekitar lokasi pasti laris manis, mulai dari jual gorengan dan menyedikan tempat kos untuk mahasiswa-mahasiswi yang membangun kampusnya dalam kawasan tarok City," ungkapnya. 

Apalagi katanya, kawasan Tarok City hingga kini terus dilirik oleh semua pihak untuk pembangunan. Setelah beberapa perguruan tinggi, rumah sakit dan balai diklat, kembali tarok city diminati oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). MInat tersebut munsul saat dirinya diundanguntuk mempresentasikan kawasan terpadu Tarok City di Kantor Lemsaneg.

Ali Mukhni memaparkan bahwa kawasan Tarok City merupakan tanah negara seluas 697 hektar yang peruntukan dan pemanfaatanya diserahkan kepada Bupati Padangpariaman sesuai dengan RTRW. Hal ini didasari oleh Surat Keputusan Kepala BPN No.25-V,B-2003, tanggal 3 September 2013.

Untuk itu, sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Pemerintah Daerah menjadikan lahan ini sebagai kawasan pendidikan terpadu yang diberinama Tarok City. Dilokasi ini telah dibuka jalan masuk selebar 70 meter dan juga telah ditetapkan zonasi peruntukan sesuai MOU dengan berbagai pihak.

Selanjutnya, Ali Mukhni juga menawarkan kepada Lemsaneg untuk ikut mengembangkan Pusdiklat Lemsaneg atau Sekolah Tinggi Sandi Negara dikawasan terpadu ini. Pemerintah Daerah Padangpariaman siap menyediakan lahan seluas 50 Ha secara gratis dan sudah bersetifikat. "Karena itulah saat saya presesntasikan kawasan Tarok City mengajak Kepala Lemsaneg beserta jajarannya untuk mengunjungi Padangpariaman dan melihat lokasi Tarok City pada waktu MOU nanti," ujarnya.

Dikatakan, perguruan tinggi di provinsi yang telah menyatakan minatnya untuk membangun fasilitas di Tarok City mulai Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Politeknik Negeri Padang (PNP), Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol. "Bahkan tahun ini ISI Padangpanjang dan PNP akan mulai membangun gedungnya di sini pada tahun ini," katanya.

Selain itu juga ada rumah sakit, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Administrasi Negara Nasional. Dengan dikembangkannya daerah tersebut maka perekonomian masyarakat setempat meningkat karena wilayah tersebut akan ramai dikunjungi oleh orang dari berbagai daerah. "Diprediksi apabila ini berhasil maka perputaran uang di kawasan Tarok meningkat. Dengan demikian angka kemiskinan dapat kita tekan," ujarnya.

Karena itu, pihaknya pada tahun ini memfokuskan tenaga, pemikiran dan anggaran untuk mengembangkan daerah itu menjadi sebuah kota. Ia mengatakan, untuk mendukung tersebut pihaknya pun membangun jalan selebar 75 meter untuk dua jalur serta meminta PT Kereta Api Indonesia membuat jalur ke daerah itu agar transportasi berjalan lancar. "Sekarang jalan masuk untuk pembangunan pintu gerbang juga telah terbuka. Kita segera buat plangnya tentang kawasan akan dibangun kawasan terpadu Tarok City. Apalagi gerbang masuk berada di jalan lintas Padang-Bukitinggi," tandasnya.(RS/001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here