Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wujudkan Padangpariaman Berjaya, Bupati Suhatri Bur Saksikan Indang Piaman

Minggu, 26 November 2023 | 11:43 WIB Last Updated 2023-11-26T04:43:22Z

Bupati Suhatri Bur Saat Acara Alek Nagari

PADANGPARIAMAN ----  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur , kemarin, saksikan indang Piaman dalam acara alek Nagari Tandikek , Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman.


"Kita sangat mendukung indang Piaman ini terus dibudaayakan agar tidak hilang ditelan zaman.Kita sangat mendukung pelaksanaan alek nagari ini," kata Bupati Suhatri Bur, kemarin.

 

Katanya, indang Piaman adalah salah satu pertunjukan sastra lisan masyarakat Minangkabau agar semua masyarakat selalu berjalan dalam norma norma yang sesuai dengan agama Islam.


"Karena itu pertunjukan indang Piaman ini menggunakan diiringi dendang yang dihasilkan dari rapa’i  sangat asygik untuk disaksikan sambil mendengar syair syairnya," ujarnya.


Apalagi katanya, penyajiannya dilakukan oleh satu kelompok tuan rumah dan dua kelompok tamu yang masing-masing terdiri atas 8–22 orang laki-laki.


"Sajiannya berupa permohonan izin, kajian keislaman, sapaan, permintaan maaf, tanya-jawab dan permohonan jawaban sangat berguna bagi setiap lampisan masyarakat," ujarnya.


Jadi katanya, alek nagari Tandikek sangat berguna dalam membangun semua generasi muda bangsa dari yang tua sampai yang muda.


"Sehingga kita Padangpariaman semakin cepat wujudkan Padangpariaman berjaya dalam segala bidang pembangunan daerah yang lebih baik," tandasnya mengakhiri.(nn)


×
Berita Terbaru Update