Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Target Nasional 14 Parsen, Campaian Baru 25 Parsen Perlu Berkolaborasi Dengan Semua pihak

Selasa, 14 November 2023 | 14:28 WIB Last Updated 2023-11-14T07:28:27Z

Wabup Rahmang Saat Acara

PADANGPARIAMAN ----  Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang menyatakan target secara nasional menurunkan angka stunting harus dilaksanakan secara berkolaborasi dengan semua pihak. Pasanya Target secara nasional 14 parsen, sementara Padangpariaman sekarang masih berkisar 25 parsen angka stanting.


"Dengan penurunan stunting harus bersama sama dengn target yang sifnigitan dengan angka 25 parsen harus sinkronisasi dalam penurunan angka stunting dengan tiga pendekatan, salah satunya pemenuhan  gizi balita," kata Wakil BUpati Padangpariaman Rahmang, kemarin, saat rakor penurunan stunting bersama Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana


Katanya, untuk percepatan penurunan angka stunting lakukan  pertemuan dan terakordinasi, untuk penurunan stunting secara baik dan Padangpariaman dapat menjalankan tugas ini dalam penurunan stunting tersebut.


"Semoga pada tahun 2024 angka stunting dapat tercapai sesuai instruksi nasional untuk Kabupaten Padangpariaman sampai ke tingkat kecamatan dan nagari, karena telah dibentuk tpps. Sehingga angka 25 parsen stunting di Padangpariaman dapat menjadi 14 parsen.


Apalagi katanya, stunting gagal tumbuh bagi seorang  anak yang masih balita, akibat kurang gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan (hpk), gangguan metabolis. "Karena kalau terkena stunting susah perlu dilakukan pencegahan bersama sama," ujarnya.


Jadi katanya, perlu kemauan pimpinan bersama semua pihak, komitmen bersama untuk capaian secara nasional karena sesampai di lapangan jauh dari harapan. "Intinya perlu kebersamaan , kampanye nasional dan perubahan prilaku dan lakukan pemantauan ke lapangan untuk penurunan stunting dan jaga ketahanan pangan dan gizi di Kabupaten Padangpariaman," ungkapnya.



Sementara Kepala Dinas DPPKB Padangpariaman Efi Delita menyatakan peserta rakor ini untuk tim percepatan penurunan stunting di Kabupaten Padangpariaman dihadiri semua walinagari, camat dan pihak terkait lainnya. 


Adapun katanya tujuannya rakor ini, karena masih banyak PR untuk menurunkan angka stunting, sehingga sisa waktu lebih kurang dua bulan tahun 2023 dapat turun 6 parsen.



"Semoga penurunan dapat tercapai mari berkolaborasi dengan semua pihak yang telah ditnjuk sebagai petugas sampai ke tingkat nagari. Sehingga penurunan stunting dapat tercapai , karena sekarang angkanya belum maksimal dalam penurunan stuntig. Maknya  petugas yang melaksanakan tugasnya itu perlu berkolaborasi dengan semua pihak yang telah ada di Kabupaten Padangpariaman," tandasnya mengakhiri.(nn)






×
Berita Terbaru Update