Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

PWS Lulus Uji Sidang Kementrian Pertanian RI 2023, Bupati Suhatri Bur Dukung Pengembangan Komoditi Unggulan Daerah

Jumat, 27 Oktober 2023 | 08:05 WIB Last Updated 2023-10-27T01:06:01Z

Bupati Suhatri Bur Saat Uji PWS

PADANGPARIAMAN ----  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mendukung pengembangan berbagai jenis komoditi unggulan dalam daerahnya. Untuk Padangpariaman ada salah satu komoditi unggulan pertanian yang dapat meingkatkan perekonomian masyarakat para petani.


"Komoditi unggulan masyarakat petani tersebut adalah Pinang Wangi Sikucua (PWS). Sekarang PWS tersebut telah lulus uji dalam sidang pelepasan varietes tanaman perkebunan semester II tahun 2023 oleh Kementrian Pertanian RI," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin. 


Katanya, ini penambahan komoditi untuk Kabupaten Padangpariaman yang lulus sidang Kementrian Pertanian RI. Sebelumnya telah banyak yang lulus uji disamping PWS yang disetujui untuk dilepas sebagai komoditi unggulan tanaman perkebunan di Kabupaten Padangpariaman.


Kenapa tidak katanya, PWS tersebut telah lulus dalam sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester II tahun 2023 di Kementerian Pertanian RI. "Kita sangat mendukung pengembangan komoditi ini. Buktinya, saat pengujian kita langsung presentasikan di hadapan para pengujinya," ungkapnya.


Dia mengaku mendorong kuat dalam proses sidang PWS ini,  karena itulah dengan lugasnya ia memberikan gambaran pada tim penguji bahwa pinang ini adalah salah satu sumber pencaarian masyarakat petani menuju Padangpariaman berjaya ke depannya.


"Dengan demikian perekonomian masyarat kita khusus para petani otomatis meningkatkan perekonomian dengan PWS. Namun demikian dengan telah lulus uji sidang PWS ini para petani semakin bersemangat dalam mengembangan di lahan perkebunannya masing masing," ujarnya.

 

Katanya, berdasarkan pelepasan varietas untuk komoditi PWS sesuai keputusan tim penilai semua usulan tersebut dinyatakan layak untuk dilepas sebagai varietas unggul baru oleh Menteri Pertanian. Sebagai tindak lanjut dari pelepasan varietas tanaman PWS ini maka kewajiban bagi pemilik varietas untuk membuat kebun sumber benih dari varietas yang telah dilepas.


"Sehingga PWS dapat digunakan sebagai sumber benih untuk pengembangan tanaman. Jadi dengan  adanya benih unggul baru yang telah dilepas pada sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester II tahun 2023 diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk pengembangan komoditinya di Indonesia yang nantinya dapat menjadi sumber benih baru untuk meningkatkan kesejahteraan para petani," ujarnya. 


Sementara Kadis Pertanian Padangpariaman Yusrisman menyatakan dengan telah lulus uji sidang ini sebuah kado untuk Bupati Padangpariaman yang baru dilewakan gelar sebagai Datuak Putiah. "Ini  persembahan kado ulang tahun terbaik untuk Bupati Suhatri Bur yang baru saja telah dilewakan gala penghulu dalam kaum Sikumbang bergelar Datuak Putiah," tambahnya.


Dia juga berharap  pinang wangi sikucua juga semakin berkembang ditengah tengah masyarakat Kabupaten Padangpariaman. "KIta berharap terus berkembang PWS ini ssehingga Padangpariaman berjaya juga berjaya sesuai kemauan bersama sama," tambahnya mengakhiri. (nn)


×
Berita Terbaru Update