Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemilih Ganda Diperbaiki, Bawaslu Dengan Struktur Baru Lansung Tingkatkan Pengawasan Jumlah Pemilih

Senin, 28 Agustus 2023 | 12:33 WIB Last Updated 2023-08-28T05:33:14Z

Komisioner Bawaslu Bersama Awak Media

PADANGPARIAMAN ----   Ketua Bawaslu Padangpariaman Azwar Madin menyatakan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan umum 2024 sebanyak 326 303 pemilih tersebut, jumlah data pemilihan ganda 561 orang telah dilakukan perbaikan. Perbaikan  data tersebut setelah dilakukan saran oleh Panwascam masing masing ke PPK  terus ke KPU Padangpariaman. 


Sehingga jumlah pemilih ganda sebanyak 561 orang tersebut telah dilakukan perbaikannya. Proses perbaikan tersebut telah dilakukan komisioner Bawaslu dan KPU sebelumnya. Namun, komisioner Bawaslu Padangpariaman yang baru dilantik ini hingga kini tetap melakukan pengawasan pada daftar pemilih tambahan.


Artinya, temuan 34 orang pemilih yang telah meninggal dunia, 4 orang pemilih pindah domisili, 2 orang perubahan data, 75 orang belum dicoklit, 11 orang salah penempatan TPS, 82  orang salah penulisan stiker, 561 orang pemilih ganda, 66 orang pemilih tidak terdaftar di DPS, 7 orang pemilih baru dan 4 orang lulus TNI Polri telah dilakukan perbaikan.


"Kita saat ini akan melakukan pengawasan Daftar Pemilihan Tambahan (DPTB) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Kita mendirikan posko pengaduan hak pilih agar lebih meningkatkan giat giat Bawaslu untuk menjaga hak pilih masyarakat," kata Azwar Madin, kemarin. 


Katanya, Bawaslu Padangpariaman juga telah melakukan potroli kawal hak pilih dengan Panwascam se Kabupaten Padangpariaman, semua itu dilakukan agar giat sosialisiasi pegawasan  pemutahkiran  data pemilih kepada masyarakat, Bawaslu membuka layanan line pengaduan dengan nomor telpon 08116612343 dan bisa mengirim melalui email.  


Seperti berita sebelumnya,  Bawaslu Kabupaten Padangpariaman mengawasli Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 326 303. Dari jumlah DPT tersebut 161 682 pemilih laki laki dan 164 622 pemilih perempuan. DPT tersebut telah ditetapkan KPU Padangpariaman.


"Dari jumlah DPT tersebut kita Bawaslu Padangpariaman menemukan 34 orang pemilih yang telah meninggal dunia, 4 orang pemilih pindah domisili,2 orang perubahan data, 75 orang belum dicoklit, 11 orang salah penempatan TPS, 82  orang salah penulisan stiker, 561 orang pemilih ganda, 66 orang pemilih tidak terdaftar di DPS, 7 orang pemilih baru dan 4 orang lulus TNI Polri," kata Ketua Bawaslu Padanmgpariaman Azwar Madin didampingi anggotanya, Irwandi dan Irwan Gunawan serta Sekretariat Nila, kemarin.


Katanya, kegiatan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi Bawaslu Padangpariaman dalam rangka pemutakhiran data pemilih kepada masyarakat. Bahkan kita menyediakan line pengaduan bagi masyarakat dengan nomor 0116612343 dan dapat mengirim pengaduann mellaui email ke alamat Bawaslu Padangpariaman.


"Sekarang kita telah melakukan pengawasan tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah dengan struktur Bawaslu yang baru," tandas Azwar Madin mengakhiri (nn)


×
Berita Terbaru Update