Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ratusan Masyarakat Menyaksikan Ulu Ambek pada Alek Nagari yang Diselenggarakan Nagari Tapakih

Selasa, 11 Juli 2023 | 22:40 WIB Last Updated 2023-07-11T15:44:59Z

Penampilan Ulu Ambek pada acara Alek nagari di Nagari Tapakih Kecamatan Ulakan Tapakih.

PADANG PARIAMAN
- Ratusan masyarakat Nagari Tapakih menyaksikan penampilan seni Ulu Ambek dalam acara Alek Nagari yang diselenggarakan sejak 9 Juli 2023 di laga - laga Korong Kasai, Selasa (11/7).


Terlihat penampilan seni Ulu Ambek dari berbagai perguruan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman.

 

Kapolsek Nan Sabaris Iptu Fahnedi S.H bersama Wali Nagari Tapakih Soni Aprison saksikan penampilan seni Ulu Ambek.


Wali Nagari Tapakih, Soni Aprison menyampaikan, Alek nagari yang diselenggarakan ini rencananya selama 15 hari. Tampilan kesenian yang ditampilkan dimulai dari Randai, Ulu Ambek, Indang serta kesenian lainnya.


Ia mengatakan, Alek nagari ini diselenggarakan sebagai pesta atau Alek pasca pengangkatan penghulu pada beberapa waktu lalu. "Atas kesepakatan kita mulai dari Ninik Mamak, Pemuda, Masyarakat Nagari Tapakih secara umumnya menggelar acara ini," jelasnya.


Disamping itu, kata Soni, terlaksananya Alek nagari ini atas "Badoncek" semua pihak yang ada dikampuang serta yang dirantau. 


Menurutnya, Alek nagari ini termasuk agak langka diselenggarakan, jadi ini salah satu dasar kita lestarikan. "Maka dengan dilestarikannya semoga sanggar - sanggar kenenian selalu aktif sehingga tetap eksis dan hidup selamanya," ungkapnya.


Untuk diketahui juga, turut hadir pada acara Alek nagari yaitu Niniak Mamak, Pemangku Adat serta Kapolsek Nan Sabaris Iptu Fahned

i S.H. (nal)

×
Berita Terbaru Update