Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Meski Dipadang Sebelah Mata, Yayasan YDSI Miliki Segudang Prestasi

Minggu, 16 Juli 2023 | 11:24 WIB Last Updated 2023-07-16T04:24:20Z

Ermawati Bersama Anak Didiknya

PARIAMAN  ----   Keberadaan madrasah swasta selama ini cenderung dipandang sebelah mata, namun hal itu agaknya tidak berlaku bagi MadrasaH Aliyah Swasta YDSI IC Kota Pariaman.  Hal itu setidakinya terlihat dari sejumlah prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan oleh madrasah yang berada di bawah naungan Yayasan YDSI Islamic center Kota Pariaman ini.


Sebut misalnya sejumlah prestasi membanggakan yang berhasil ditorehkan oleh siswa madrasah ini, yang teranyar MAS YDSI tercatat meraih peringkat 4 lomba KSM Bidang olimpiade Kimia Terintegrasi tingkat Kota Pariaman. Sebelumnya salah seoarang siswa madrasah yang terletak di jantung Kota Pariaman ini juga berhasil menyabet prestasi sebagai jauara harapan pada Lomba KSM Bidang Kimia Terintrgrasi tingkat Provinsi Sumatera Bara. 



Tidak hanya sebatas itu saja, khusus dalam bidang olah raga misalnya, keberadaan siswa madrasah MAS YDSI juga kerap mengukir prestasi gemilang, hingga tak heran jika kehadiran mereka dalam setiap ajang lomba kerap diperhitungkan oleh tim lain. sebut misalnya dalam cabang volly ball serta beberapa cabang olah raga lainnya.


Kepala MAS YDSI-IC Ermawati menyatakan , kemarin, selain melahirkan prestasi bidang olimpiade, siswa madrasah yang dipimpinnya saat ini juga banyak yang berbakat dalam bidang olah raga. Seperti halnya cabang olah raga volly ball dan sejumlah cabang olah raga lainnya. 'Dengan alasan itulah, kita dari pihak sekolah terus berusaha maksimal Untuk memberikan ruang seluas mungkin agar bakat anak anak bisa terus berkembang sekaligus nantinyadiharapkan bisa melahirkan prestasi yang membanggakan. Demikian pula dalam bidang akademik," ungkapnya, kemarin. 


Demikian pula menghadapi tuntunan persaingan global yang semakin kompetitif dewasa ini, sejumlah fasilitas pendukung di madrasah yang dipimpinnya juga terus dilengkapi sedemikian rupa, Termasuk diantaranya peralatan pendukung IT atau labor komputer maupun sejumlah  fasilitas pendukung informasi tekhnologi lainnya. Seperti melengkapi fasilitas komputer, melengkapi fasilitas sekolah dengan jaringan internet atai WIFI dan sebagainya. 


Dikatakan keberadaan sejumlah fasilitas pendukung tersebut para siswa MAS YDSI diharapkan  bisa memenuhi standar kompetensi yang diharapkan oleh dunia kerja, sekaligus mampu menjawab dan mengahadapi tantangan kompetisi global yang berbasiskan pada penguasaan informasi dan tekhnologi.


Di pihak lain, sebagai madrasah yang berbasis dan identik dengan bidang keagamaan atau keislaman, sesuai visi missinya MAS YDSI berkomitmen kuat  melahirkan siswa yang cerdas dan berakhlak mulia. Atau dengan kata lain, memiliki kompetensi yang memadai dalam bidang keagamaan, sekaligus sebagai bekal berharga bagi mereka dalam menghadapi berbagai tantangan arus globalisasi yang terjadi. 


Demikian pula halnya program unggulan lainnya, seperti halnya cabang tahfiz juga tak luput jadi perhatian khusus bagi pihak managemen MAS YDSI. Bahkan untuk mendukung dan mengembangkan program yang satu ini, MAS YDSI terbilang sangat serius mengembangkannya. 


Seperti diakui ermawati, program tahfiz yang dikembangkan di Lingkungan MAS YDSI, tentunya diharapkan bisa melahirkan kader-kader tahfiz yang unggul dan mumpuni, khususnya dalam bidang hafiz ALquran.



Dengan berbagai alasan itulah seperti diakui Ermawati, belakangan animo dan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka di MAS YDSI terus menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. Hal itu setidaknya terlihat dari jumlah siswa MAS YDSI pada tahun ajaran sebelumnya yang mencapai 124 orang. Dimana sebanyak 65 orang diantaranya telah berhasil menamatkan dan menyelesaikan pendidikannnya, untuk kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke tingkat perguruan tinggi. 


Meski menyadari ketatnya kompetisi dan persaingan antar madrasah dan sekolah pada umum lainnya, namun jika melihat perkembangan dan keunggulan yang dimiliki MAS YDSI dewasa ini Ermawati mengaku optimis kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke madrasah yang dipimpinnya itu akan terus meningkat dari waktu ke watu. 


"Yang jelas target kita tentunya tidak ingin terlalu muluk-muluk. Yang utama target kita bagaimana bisa melahirkan tamatan yang unggul dan berdaya saing, serta didukung akhlak dan budi pekerti yang baik sekaligus memiliki keunggulan tertentu dalam bidang keagamaan. Dengan modal seperti itu kita yakin nantinya para tamatan MAS YDSI akan mampu bersaing menghadapi kompetisi global yang semakin ketat dan kompetitif dewasa ini," tandas Ermawati mengakhiri ( Ris Malalak )



×
Berita Terbaru Update