Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenal Sosok dan Kiprah Drs. Asrafaber

Sabtu, 15 Juli 2023 | 16:48 WIB Last Updated 2023-07-15T09:52:14Z

Sosok Penuh Inspiratif, Tak Kenal Lelah Berbuat Untuk Kepentingan dan Kesejahteraan Umat


Drs.Asrafaber bersama istri.


Drs. Asrafaber yang tak lain adalah  mantan Kepala Kemenag Kabupaten Agam Kota Payakumbuh dan Kota Padang Panjang, tentunya bukan sosok yang asing lagi masyarakat Sumatera Barat.


Penampilannya yang terkesan begitu bersahaja dan selalu tampil apa adanya, adalah salah satu ciri khasnya yang membuatnya bisa dengan cepat akrab dan bergaul dengan masyarakat di mana saja dia berada.


Apalagi setelah memutuskan terjun ke dunia politik menumpang biduk Partai Keadilan Sejahtera (PKS), hingga tidak lama kemudian dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu atau (PAW), tak ayal membuat dirinya semakin familiar di kalangan masyarakat, terutama para konstituen yang diwakilinya.


Di sisi lain, bila mencermati perjalanan karir putra kelahiran Tilatang Kamang Kabupaten Agam ini, jelas terlihat perjalanan karirnya terkesan begitu mulus tanpa halangan berarti.


Meniti karir dari bawah sebagai ASN di lingkungan Kementrian Agama, selanjutnya Drs. Asrafaber di percaya sebagai Kepala Urusan Agama Kecamatan Tilatang Kamang hingga akhirnya dipercaya sebagai Kepala Kantor Urusan Agama atau Kakan Kemenang Kabupaten Agam  Kota Payakumbuh dan Kota Padang Panjang. Begitu pula setelah pensiun karirnya terus melejit dan melesat bak meteor, hingga akhirnya dipercaya sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi PKS yang dia emban hingga detik ini.


Namun tidak dapat dipungkiri, jika dibalik perjalanan karirnya yang terkesan  mulus itu tentunya tidak berlangsung secara kebetulan belaka.


Hal itu setidaknya bisa dirasakan langsung oleh mereka yang pernah dekat dan mengenal secara dekat sosok Drs. Asrafaber, terutama teman sejawat maupun bawahan di tempatnya bekerja.


Bagi para kolega dan teman sejawatnya tentunya sososk  dan figur Drs. Asrafaber adalah pribadi yang ulet, penuh semangat daya juang serta dikenal kaya dengan beragam inovasi yang dilahirkannya.


Sebut misalnya saat dipercaya sebagai Kepala KUA Kecamatan Tilatang Kamang, Drs. Asrafaber dikenal sangat aktif merintis dan menggerakkan program zakat di wilayah kerjanya. Demikian pula dalam memberdayakan kalangan generasi muda Islam di daerah itu. Baik itu dengan membentuk dan memprakarsai lahirnya wadah organisasi wirid remaja di rumah-rumah ibadah atau masjid yang ada.


Demikian pula program pemberdayaan kader ulama, pemberdayaan kader-kader dai dan muballigh, yang diwujudkan melalui beragam program pelatihan dai muballig dan sebagainya.


Selain itu, salah satu prestasi emas yang pernah dirintis oleh Drs. Asrafaber yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Drs. Asrafaber adalah ketika tampil merintis dan memprakarsai lahirnya lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kabupaten Agam.  Demikian pula halnya dala melahirkan dan menggagas rumah tahfiz dan sebagainya.



Drs. Asrafaber Bersama Keluarga


Bahkan tidak sebatas itu saja, Drs. Asrafaber juga aktif menggerakkan dan memberdayakan kader-kader penggiat zakat di wilayah kerjanya. Termasuk diantaranya aktif melahirkan dan menerbitkan sejumlah buku yang berisi tuntunan kewajiban zakat bagi umat Islam.


Tidak sama dengan figur pejabat pada umumnya yang biasanya lebih cenderung dan dan suka berpidato atau memberikan arahan secara lisan, bagi Drs. Asrafaber ternyata tidak cukup sampai di situ,   namun dia memilih dikenal aktif melahirkan dan menerbitkan beragam jenis buku. Baik itu berupa buku panduan, karangan ilmiah populer dan sebagainya.


Teranyar Drs. Asrafaber juga telah menerbitkan buku yang mengupas tentang kaitan antara Adat dan Syarak di Minangkabau atau Sumatera Barat.


"Yang jelas sebagai Wakil Rakyat saya tentunya jelas memiliki prioritas yang perlu diperjuangkan. Diantaranya bagaimana memberdayakan ekonomi umat, melestarikan nilai adat dan syarak dan bagaimana memperjuangkan bidang pendidikan lainnya," terangnya.


Bagi Drs. Asrafaber, kepercayaan yang diberikan masyarakat kepadanya sebagai Wakil Rakyat di DPRD Sumbar, jelas merupakan sebuah amanah dan kepercayaan yang mesti dijawab dengan kerja keras.


Karena bagaimana pun yang namanya amanah tentunya jelas akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.


Dengan alasan pula tidak heran jika Drs. Asrafaber terlihat sering aktif turun mengunjungi para konstituennya, sembari aktif menyerap aspirasi dan melihat langsung kondisi masyarakat yang diwakilinya.


Juga tidak ketinggalan dia juga dikenal aktif menjambangi kalangan generasi muda, sembari memberikan beragam program pembekalan dan pelatihan. Seperti halnya pelatihan membuat konten positif bagi generasi muda atau pelajar dan program pelatihan lainnya.


Singkat kata, dalam pandangan Drs. Asrafaber, hidup memang harus mengalir apa adanya. "Namun terpenting dari itu semua bagaimana kita mengisi hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat, karena bukankah sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain," ujarnya sembari menyitir salah satu Hadis Rasulullah SAW. (***)

 


 

 

×
Berita Terbaru Update