Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Alek Nagari Dapat Tekan Kenakalan Remaja, Sambil Lestarikan Budaya dan Adat Minangkabau

Minggu, 02 Juli 2023 | 09:08 WIB Last Updated 2023-07-02T02:08:44Z

Bupati Suhatri Bur Saat Acara Menutu Alek Nagari

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur sangat apresiasi pelaksanaan alek nagari Paraman Talang, Sialang, Nagari Tandikek Asli, Kecamatan Patamuan, Padangpariaman, karena telah melestarikan budaya adat minangkabau.


"Kita sangat mendukung kegiatan tersebut agar tidak hilang ditelan zaman," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai acara  penutupan kegiatan alek Nagari Paraaman Talang, Sialang Nagari Tandikat Asli Kecamatan Patamuan


Katanya, kesenian-kesenian tradisional yang ditampilkan dalam alek Nagari tentunya perlu dilestarikan secara turun temurun kepada generasi muda, namun tidak mengurangi semangat anak-anak untuk mengejar pendidikan dan agama.


"Semoga kegiatan kesenian tradisional semakin dicintai generasi muda, sehingga mengurangi kenakalan remaja dan kemajuan teknologi yang semakin merajalela, dengan kesenian tradisional semoga dapat mengurangi dampak negatif dari kemajuan teknologi yang semakin merajalela," ujarnya.


Makanya ia  sangat apresiasi kegiatan masyarakat telah membudayakan dan mengajak semua generasi muda bangsa mencintai tradisi minangkabau. Apalagi pengunjung alek nagari ini sangat ramai dan luar biasa ramainya.


Kenapa tidak katanya, masyarakat yang menghadiri, karena begitu cintanya masyarakat terhadap budaya alek nagari. "Untuk itu mari bersama-sama kita lestarikan budaya alek nagari terus menerus, karena itulah perlu kebersamaan dalam memberdayakannya," ujarnya.


Suhatri Bur mengatakan berkat kebersamaan acara ini bisa dilaksanakan dengan sukses, tentunya ini harus dipertahankan. "Karena kesenian-kesenian tradisional yang ditampilkan di alek nagari tentunya perlu terus kita lestarikan secara turun temurun kepada generasi muda," ujarnya.


"Semoga kegiatan kesenian tradisional kita ini semakin dicintai para generasi muda, sehingga dapat mengurangi kenakalan remaja dan kemajuan teknologi yang semakin merajalela. Dengan kesenian tradisional kenakalan remaja di tingkat nagari  dapat ditekan," tandasnya mengakhiri.(eri)

×
Berita Terbaru Update