Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ekonomi Petani Terpuruk Pasca Covid 19, Parma Sniper Club Memburu Hama Tupai

Senin, 15 Mei 2023 | 12:35 WIB Last Updated 2023-05-15T05:37:30Z

Sekretaris Parma Sniper Club Perlihatakan Hasil Burun Kepada Masyarakat

PADANGPARIAMAN - Hama tupai dan bai selama ini telah mersak tanaman para petani dalam daerah ini. Melihat kondisi demikian masyarakat melakukan pemuruan untuk membasmi hama tersebut. Kali ini masyarakat Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman, kemarin, mengandeng para pencinta buru tupai memasmi hama yang merusak tanaman para petani.


"Hal hasil ratusan ekor hama tupai berhasil dibunuh para pencinta uru hama tupai dalam Nagari Paritmalintang. Kali ini kita melakuka pemuruan dalam Korong Pauh Nagari Paritmalintang," kata Ketua Parma Sniper Club Serma Azwir , kemarin, usai acara sembabri mengatakan minggu depan lokasi buruan akan berpindah lokasi.  


Katanya, kegiatan berburu tupai kali ini ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat mendasar untuk menyalurkan hobi sambil membantu tanaman masyarakat agar ke depan dapat bberkurang diserang hama tupai. Makanya, dalam buruan kali ini berhasil dibunuh ratusan hama tupai.


Kondisi ini katanya, sangat membantu masyarakat yang memiliki tanaman kelapa, coklat dan tanaman lainnya yang selama ini menjadi mangsa hama tupai ini. "Kita berharap dengan dilaksanakan buruan ini hama tupai  dapat berkurang dari bisanya sangat banyak memangsa tanaman petani, sekarang telah dibunuh secara bertahap," ungkapnya.


Namun demikian katanya, pemburuan ini akan terus dilakukan , tapi secara bertahap tahap dengan pindah pindah lokasi. "Mudah mudah pola yang kita lakukan secara besama sama ini dapat membantu para petani kita di Nagari Paritmalintang ini," kata Azwir didampingi Sekretarisnya Alam Sari.


Kemudian lagi katanya, buru hama tupai ini dilakukan juga untuk mengajak masyarakat bersama sama membasminya , khusus pecinta buru tupai sekaligus mempererat tali silahturahmi. Artinya, hobi seperti inilah yang harus diembangkan kerena mampu membantu para petani dalam mengatasi hama tanaman dan meningkatkan hasil produksi dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.


"Dengan meningkat hasil panen para petani kita, karena serangan hama tupai dapat ditekan dengan berburu ini otomatis ekonomi masyrakat kita meningkat. Apalagi pasa pandemi covid 19 ekonomi masyarakat petani terpuruk. Mudah mudahan siap ini dapat meningkat," tandasnya.(pendi)

×
Berita Terbaru Update