Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatan Partispasi Pemilih Jangan Banyak Golput, Bawaslu Sosialisasi Siaga Pengawasan Satu Tahun Pemilu 2024

Selasa, 14 Februari 2023 | 18:12 WIB Last Updated 2023-02-14T11:12:08Z

Asisten II Pemkab Zainil Akan Pukul Gong disaksikan tiga Komisioner Bawaslu dan Ketua TP PKK Padangpariaman

PADANGPARIAMAN - Ketua Bawaslu Padangpariaman Anton Ishaq meminta semua pihak terkait agar bersama sama mengajak semua lampisan masarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024.


"Kita Bawaslu padangpariaman akan berusaha sekuat tengaha agar partisipasi pemilih dalam pemilu 2024 meningkat dari pemilu sebelumnya," kata Ketua Bawaslu Padangpariaman Anton Ishaq, kemarin, saat acara kegiatan siaga pengawasan satu tahun menuju pemilu 2024


Katanya, lembaga yang mengawal proses demokrasi agar berjalan jujur dan adil harus semua pihak, karena itu perlu dilakukan pengawasan terus menerus oleh Bawaslu. Pengawasan perlu singkronisasi laporan dari mulai bawah sampai ke pusat.


"Karena ikita perlu melakukan pengawasan berbagai potensi pelanggaran yang akan terjadi dan sangat perlu pendalaman setiap pelanggaran dan perlu kita tindak lanjutnya," ujaranya.


Dikatakan, bagaimana teknik pengawasan, pengawasan langsung mesti laksanakan ditingkat kecamatan agar sesuai dengan peraturan perundang undang berlaku


Pola pengawasan katanya,  perlu dicatat berbeda dalam pengawasan pemilu sebelumnya, makanya perlu dilaksanakan pengawasan secara akurat agar tidak terjadi hal hal yang diingini


"Jadi perlu dilakukan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi kesalahan. berbagai aspek degan hubungan dengan masyarakat atau humas harus baik, humas harus berjalan baik karena itulah humas penting diberikan pelatihan pelatihan untuk sosialisasi bawaslu, tentang peraturan yang akan disampaikan kepada masyarakat agar tidak terjadi pelanggaran," ujarnya.


Lebih jauh dikatakan, masyarakat faham dengan pola kerja bawaslu. Makanya, ia berupaya agar partisipasi warga datanga ke TPS terus meningkat setiap pemilu.


"Jangan sampai banyak masyarakat yang masuk ke dalam golongan putih (golput), karena itu bawaslu bersama semua pihak terkait memiliki Perkerjaan Rumah (PR) bersama dalam tingkatkan jumlah pemilih," ungkapnya.


Untuk itu katanya, perlu sosialisasi di media sosial dengan sasaran generasi milenial seperti facebook, tiktok, mesti dipenuhui agar sosialisasi sampai ke masyatakat.


"Mari menjaga reputasi masing masing sebagai pengawas, karena kita telah disumpah dan kita harus miliki visi dan misi sebagai pengawas pemilu di lapangan jangan sampai ingkari sumpah jabatan agar sistem berjalan baik, walau bukan saya di bawaslu nantinya," ujar Anton Ishaq.


Sementara Asisten II Pemkab Padangpariaman Zainil menyatakan kegiatan ini adalah sebuah tahapan pemilu 2024. Pencegahan pelanggara penting dan lebih baik sebelum terjadi. 


"Pemilu 2014 dan 2019 di kampung saya perlu dilakukan evaluasi agar pemilu sukses , agar hasil pemilu berkualitas, karena dampaknya kepada masyarakat dan say apresiasi acara in," ujarnya.


Zainil meneybutkan, Pemkab Padangpariaman siap berkerja sama dengan bawaslu agar pemilu berjalan baik, jaga netralitas petugas awasi jari jari petugas. "Semua itu penting kita lakukan agar lahir pemimpin berkualiatas hasil dari pemilu 2024," tambahnya mengakhiri.(pendi)




 

×
Berita Terbaru Update