Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jangan Terulang Korban Jiwa Karena Sako dan Pusako, Anggota Bamus Ber KTP Nagari Setempat

Jumat, 24 Februari 2023 | 17:13 WIB Last Updated 2023-02-24T10:13:43Z

Bupati Suhatri Bur Bersama Bamus Baru Dilantik

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur  meminta kepada semua anggota badan musyawarah (Bamus) harus update dengan semua ilmu pengetahuan. 


"Ilmu pengetahuan berhubungan dengan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan nagari dan peran bamus," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai pelantikan anggota Bamus serentak di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padangpariaman.


Katanya, anggota Bamus Nagari juga harus menjadi mitra bagi Walinagari dalam mewujudkan kesejahteraan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, melalui program pembangunan yang ditetapkan secara bersama. 


Dia langsung datang dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Bamus Nagari yang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Ulakan Tapakih.


Disini ia menegaskan peran dan fungsi anggota Bamus Nagari tersebut sebagai anggota Bamus yang baru dilantik, harus menjadi mitra bagi Walinagari dalam mewujudkan kesejahteraan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat melalui program pembangunan yang ditetapkan secara bersama. 


Lebih lanjut Bupati Suhatri Bur juga menjelas, terkait dengan persyaratan anggota Bamus yang merupakan warga nagari setempat yang dibuktikan dengan KTP, hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan. 


Bamus saat ini memiliki biaya operasional dan insentif yang dianggarkan melalui APB Nagari oleh pemerintah.


 Oleh karena itu pengisian anggota Bamus harus patuh menurut peraturan yang ada dan semua pengganggaran tersebut juga harus dipertanggung jawabkan. 


Sehubungan dengan adanya kasus perselisihan dan pertikaian dalam masalah SAKO dan PUSAKO yang menyebabkan terjadinya korban jiwa beberapa waktu yang lalu di wilayah Padangpariaman, ia mengajak BAMUS yang dilantik untuk menjalankan perannya sebagai fasilitator dan mediator terhadap persoalan-persoalan yang muncul ditengah masyarakat.


Sehingga persoalan lanjut Suhatri Bur, serupa tidak terulang kembali ditengah-tengah masyarakat. "Alhamdulillah acara pelantikan dan pengambilan sumpah BAMUS yang dilakukan oleh Camat Ulakan Tapakih, Emri Nurman tersebut berjalan lancar," ujarnya.


Hadir saat itu  beberapa kepala perangkat daerah yang turut mendampingi Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, diantaranya Kadis DPMD beserta jajaran yang bertindak sebagai leading sektor kegiatan, Asisten III, Kaban BPKD, Kadis LHPKPP, Kabag Ekbang dan pejabat terkait lainnya.(pendi)


×
Berita Terbaru Update