Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Inspektur Kawal Pelaksanaan Rencana Aksi Pengarusatamakan Gender ( PUG)

Kamis, 16 Februari 2023 | 14:58 WIB Last Updated 2023-02-16T07:58:27Z

Inspektur Hendra Aswara didampingi Kepala Bapelitbangda Azwarman menandatangani Pakta Integritas.



PADANGPARIAMAN - Inspektur Pemkab Padangpariaman Hendra Aswara, kemarin, mengawal pelaksanaan rencana aksi pengarusutamaan gender (PUG) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman.


Hal ini menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang PUG dalam pembangunan nasional yang mengamanatkan kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga non-Kementerian, Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia untuk melaksanakan PUG dalam pembangunan.


Rencana aksi daerah pengarusutamaan gender (RANDA PUG) dengan pengintegrasian isu gender dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran yang merupakan satu kesatuan tak terpisahkan. 


"Harapan kita semua kebijakan, program, kegiatan dan anggaran yang lebih berperspektif gender. Kita mulai penyusunan RPJMD, Renstra, RKPD dan Renja pada perangkat daerah," ujar Inspektur Hendra Aswara, kemarin, usai penandatangan pakta integritas.


Pentingnya PUG, kata Hendra, tujuannya adalah untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Kesetaraan gender bermakna bahwa laki-laki dan perempuan dapat berkembang optimal tanpa terkendala oleh jenis kelaminnya. 


Artinya PUG bukanlah program kegiatan melainkan strategi pembangunan yang diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat bisa terlibat dalam proses pembangunan sehingga bermanfaat untuk semua.


"Sesuai arahan Bapak Bupati, kita berkomitmen merumuskan kebijakan, strategi, program dan kegiatan responsif gender pada dokumen perencanaan penganggaran di Padangpariaman," ujarnya.


Ditambahkannnya bahwa Penggerak PUG adalah Inspektorat, Bapelitbangda, BPKD dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Keempat OPD tersebut menyusunan laporan rencana aksi daerah dalam pengarusutamaan gender. 


"Insha Allah, target kita tahun ini untuk meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Tentunya, kita tidak  bisa berjalan sendiri-sendiri, butuh komitmen dan kerja sama yang solid antar stakeholders," ujarnya mengakhiri.(hendra) 


×
Berita Terbaru Update