Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Daerahnya Selalu Swasembada Pangan Tiap tahun, Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

Kamis, 23 Februari 2023 | 17:13 WIB Last Updated 2023-02-23T10:13:31Z

Bupati Suhatri Bur Saat Tanaman Padi Bersama Wamen Pertanian

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengajak semua petani dalam daerahnya agar terus meningkatkan produksi pertanian. Mulai dari tanaman padi, jagung sampai komoditi pertanian lainnya. Pasalnya, Kabupaten Padangpariaman sangat menjanjikan untuk peningkatkan produksi pertanian.


Persoalan tersebut disampaikan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, saat menerima kunjungan kerja Wakil Mentri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dan jajarannya ke Kabupaten Padangpariaman.


 "Dengan kondisi lahan yang seluas ini kita sangat butuh dukungan pemerintah pusat. Kita berharap dengan dimulai Wakil Mentri Pertanian melakukan penanaman padi dan panen jagung kesejahteraan masyarakat petani kita meningkat," kata Suhatri Bur. 


Dia mengatakan demikian agar produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Padangpariaman melalui gerakan tanam dan pemakaian benih unggul setiap tahun Padangpariaman selalu menjadi swasembada pangan.


Namun, jelas Suhatri Bur, untuk hilirnya Padangpariaman butuh dukungan Pemerintah Pusat. Bahkan Padangpariaman butuh bantuan alat yang dapat mengolah hasil panen jagung tidak lagi memakai tangan para petani, kalau bisa ada mesin yang dibantu pemerintah pusat.


Katanya, dengan luasnya Kabupaten Padangpariaman, butuh pengembangan lahan pertanian yang sangat profesional. Apalagi daerahnya yang luas itu dan dilalui garis pantai dan tiga daerah adalah daerah perbukitan sangat butuh dukungan semua pihak dalam penggarapan lahan pertanian ini.


Apalagi katanya, dalam musibah banjir kemarin banyak petani Padangpariaman mengalami gagal panen. Kenapa tidak, tanaman padinya yang telah mulai berbuah tiba tiba diterjang musibah banjir, sehingga lahan sawah masyarakat tersebut diratakan oleh musibah banjir. 


Namun katanya, ia terus mengajak semua masyarakat khusus para petani agar terus semangat dan selalu sakato dalam mengarap lahan petaninya masing masing. Semua itu penting agar lahan lahannya produktif tersebut menhasilkan tanaman yang bagus dan kesejahteraan petani meningkat.


Kenapa tidak katanya, produksi sawah maupun jagung terus meningkat kalau digarap secara profesional. "Mudah mudahan dengan kunjungan kerja Wakil Mentri ada ole ole yang dibawanya untuk kemajuan para petani Padangpariaman," ungkapnya.


Kedatangan, Wamentan RI bersama rombongan dari Kementerian Pertanian RI  adalah dalam rangka  kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Sumbar, termasuk Padangpariaman dalam kesempatan ini Wamentan RI  Harvick Hasnul Qolbi melakukan tanaman pad dan panen jagung.


Sementara Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy  Jounaldi menyatakan daerahnya berasal dari sektor pertanian dari 25 parsen masyarakat hidup dari hasil pertanian.Makanya, dengan luas lahan ini Sumatra Barat butuh dukungan pemerintah pusat dalam menggarap lahan tersebut. 


Kemudian lagi katanya, dilihat dari angkatan kerja yang bergerak yang banyak dari pertanian, namun dialami para petani kesulitan mendapatkan pupuk, karena pupuk tersebut bersubsisi dan sering tidak ada di pasarannnya.


Untuk persoalan pupuk ini katanya, ia sarannya agar pemerintah pusat mencabut pupuk bersubsidi ini, karena persoalan yang bersubsidi akan muncul persoalan kelangkaannya. Jadi kalau telah dicabut subsidi tersebut tersebut otomatis tidak ada lagi kelangkaan pupuk di kalangan petani.


Disamping itu katanya, pemerintah pusat diminta juga untuk memikirkan hilir dari hasil tanaman para petani ini agar harga harganya tetap stabil setiap saat. Pasalnya, ia melihat persoalan hilir dari produksi tani hingga kini masih kurang semoga menjadi perhatian pemerintah pusat


Selanjutnya, Wakil Mentri Pertanian Repoblik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi menyatakan saat ini perlu digalakan  program program kementrian sampai ke tingkat bawah yakni para petani. Seperti di Kabupaten Padangpariaman program tersebut harus sampai kepada masyarakat


Jadi katanya, terus galakan pegiat pertanian tentang tata niaga, karena itu terus buat produktifitas tinggi seperti tanaman padi diganti menjadi jagung terus gairah lagi untuk kemajuan para petani Kabupaten Padangpariaman. 


"Produksi petani kita meningkat tentu akan sejahteralah kehidupan masyarakat petani, makanya, dalam knjungan kerja ini saya langsung ingin dialog dengan semua masyarakat petani Padangpariaman. Nanti informasi masyarakat petani akan kita sampaikan ke Presiden," ungkapnya.


Hasil pertanian di Padangpariaman tentunya harus memiliki hilirisasi atau strategi meningkatkan nilai tambah komoditas dan juga strategi pemasaran yang baik, sehingga masyarakat tidak sulit memasarkan hasil panennya,” ..


"Saya  mengapresiasi perhatian Pemkab Padangpariaman terhadap sektor pertanian melalui program program ungulannya dalam sektor pertanian . Saya sangat mendukung dan kita Kementrian Pertanian siap fasilitasi Padangpariaman untuk kemajuan para petani ini," tambahnya.


Bahkan katanya, ia Kementerian Pertanian siap membantu dan memfasilitasi kegiatan Pemerintah Daerah ataupun masyarakat petani yang mana Kementan memiliki ahli-ahli di bidang pertanian, bahkan juga ada  atase Pertanian  sungguh  sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.(pendi)


 

×
Berita Terbaru Update