Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketua Bawaslu Lantik 12 Orang Panwascam

Jumat, 28 Oktober 2022 | 19:18 WIB Last Updated 2022-10-28T12:20:22Z

Foto Bersama Usai Pelantikan Panwascam dengan Motto Salam Pengawasan

Pariaman---
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman Riswan, melantik sebanyak 12 orang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan terpilih untuk Pemilu serentak 2024 di Hotel Nan Tongga pada Jum'at (27/10/2022).


12 orang panwascam tersebut mewakili 4 Kecamatan dengan masing-masing 3 orang/kecamatan, Pariaman Tengah, Utara, Timur dan Selatan.

Mengawali sambutan Riswan menyampaikan, ada sebanyak 164 orang calon panwascam yang mendaftar. Yang merupakan putra dan putri terbaik dari Kota Pariaman. 

"Namun setelah seleksi administrasi, kemudian CAT dan diakhiri dengan wawancara. Maka yang dipilih hanya 12 orang sesuai dengan jumlah ketetapan setiap kecamatan yang ada di Pariaman," ujar Riswan 

Lebih lanjut Riswan mengatakan, merujuk pada rekrutmen panwascam pada pemilu sebelumnya. Maka saat ini jumlah pendaftar saat ini lebih dari 100%.

"Artinya antusias pemuda pemudi Pariaman sangat tinggi. Nah maka dari itu, kami berharap kepada mereka yang terpilih ini agar bisa membuktikan kepada kawan-kawan nya yang belum terpilih bahwa mereka memang layak untuk menjadi Pengawas Kecamatan," tangkas Riswan.

Dikatakannya, Panwaslu yang terpilih tersebut telah melalui seleksi dan mereka terpilih secara sah dan sesuai keputusan Bawaslu Pariaman.

"Kami percaya mereka yang 12 orang tersebut mampu menjalani tugas-tugas pengawasan di tingkat kecamatan," kata Riswa.

Sebagai bentuk gambaran, lanjut Riswan, semenjak 14 Juni 2022 tahapan pemilu 2024 telah berjalan yaitu verifikasi faktual partai politik, dilakukan oleh KPU.

"Sehingga Pawaslu  yang bertugas di 4 kecamatan sudah bisa kita perbantukan untuk melakukan pengawasan verifikasi faktual keanggotaan parpol. dalam artian sudah mulai melakukan penindakan,"tutur Riswan

Dengan begitu, karena mereka sudah dilantik serta sudah resmi menjadi jajaran pengawas pemilu sehingga tugas dan wewenang sudah melekat padanya.

"Mereka juga bertugas melakukan pengawasan dan tahapan di tingkat kecamatan serta dapat melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang terjadi selama proses tahapan di tingkat kecamatan,"sambung Riswan

Namun lanjutnya, selain penindakan dan pengawasan kita lebih mengedepankan upaya pencegahan, tadi kita sudah sampaikan kepada panwas Kecamatan yang terpilih. 

"Pertama untuk mencapai langkah-langkah pencegahan itu tentu kolaborasi dengan kacamatan. kalau itu sudah kita maksimalkan dan masih terjadi pelanggaran tentunya tetap kita tindak. tapi itu merupakan upaya akhir dari kita dalam melakukan pengawasan,"tutup Riswan

Setelah pelantikan, pengawas kecamatan akan diberi pembekalan selama 2 hari dan nanti secara bertahap mereka akan mengikuti bimbingan teknis. Masa tugas panwascam sampai satu bulan setelah proses pemungutan suara pemilu selesai.

Pelantikan Panwascam dihadiri juga oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Riky Falentino, Unsur TNI, Polri, Kejaksaan, 
Kemenag dan KPU Pariaman (wrm)
×
Berita Terbaru Update