Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Inspektur Hendra Aswara Kawal Disdukcapil Zona Integrasi Wilayah Bebas Dari Korupsi

Jumat, 30 September 2022 | 07:48 WIB Last Updated 2022-09-30T00:48:14Z

Inspektur Padangpariaman Hendra Aswara Saat Bersama Disdukcapil

PADANGPARIAMAN - Inspektur Padangpariaman Hendra Aswara  menyatakan Inspektorat Kabupaten Padangpariaman kawal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam persiapan penilaian Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2022. 


“Insya Allah, sesuai surat Kemenpan RB, penilaian ZI WBK untuk Disdukcapil dilaksanakan tanggal 6 Oktober nanti secara virtual atau zoom meeting dengan tim evaluator,” ujar Inspektur Padangpariaman Hendra Aswara didampingi Tim Penilai Internal, Trisna Dewi Busti, kemarin.


Inspektorat, kata Hendra, merupakan Tim Penilai Internal (TPI) yang dibentuk oleh Bupati Padangpariaman, mempunyai tugas melakukan penilaian unit kerja dalam rangka memperoleh predikat menuju WBK.


“Pengusulan Disdukcapil sebagai unit kerja yang mewakili Padang Pariaman sudah tepat dan kita target raih penghargaan ZI WBK dari Kemenpan RB pada ahun ini,” ujarnya. 


Adapun faktor yang dinilai dalam ZI WBK diantaranya, adanya komitmen dan pemahaman pimpinan serta pegawai Disdukcapil terkait program Zona Integritas, Kualitas penerapan pelayanan publik yang anti korupsi serta inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan oleh Disdukcapil.


“Kita sudah sama-sama mengetahui bahwa Disdukcapil Padangpariaman merupakan role model pelayanan publik tingkat nasional dan lokasi bencmarking/studi banding bagi daerah lain di dalam maupun luar sumbar. Selain banyak inovasi yang direplika dan banyak penghargaan yang telah diraih,” ujarnya.


Sementara Kepala Disdukcapil Indra Utama bersinergi dengan Inspektorat selaku TPI untuk memberikan saran dan masukan agar penilaian ZI WBK berjalan lancar dan optimal. Saat ini disdukcapil telah bersiap dalam penyiapan bahan pemaparan, video dan data dukung lainnya.


“Insha Allah, kita dan jajaran Disdukcapil sudah mengadakan rapat dan bersiap untuk penilaian ZI WBK. Kita mohon arahan dari TPI, yaitu Inspektur dan jajaran,” kata Indra Utama. 


Dikatakannya bahwa Disdukcapil telah meraih Penghargaan Pelayanan Prima Kategori A dari Kemenpan dan RB dan  Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri. Baru-baru ini, tambah Indra, Disdukcapil raih Peringkat 1 Penghargaan Dukcapil tingkat Sumatera Barat.


“Sesuai arahan Bapak Bupati, persiapan kita maksimal untuk penilaian ZI WBK. Mohon doa dan dukungan masyarakat semuanya,” tambahnya mengakhiri.(hen)


×
Berita Terbaru Update