Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hama Tupai dan Kera Merusak Tanaman Petani, Pemburu Berburu Bersama Sama

Minggu, 18 September 2022 | 10:27 WIB Last Updated 2022-09-18T03:27:42Z

Walinagari Paritmalintang Sudirman 

PADANGPARIAMAN - Walinagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman Sudirman mengajak semua pencandu buru tupai se Provinsi Sumatra Barat adn luar provinsi untuk bersama sama memburu hama tupai dan kera dalam Nagari Paritmalintang.


"Hama tupai dan kera sampai saat ini sangat meresahkan masyarakat, karena binatang pengirik  tanaman tersebut hingga kini telah merusak tanaman para petani, kalau tidak halangan kita laksanakan minggu tanggal 25 September 2022, " kata Walinagari Paritmalintang Sudirman, kemarin. 


Kalau tidak dibasmi katanya, secara bersama sama tentu para petani semakin dirugikan, kenapa hasil panen petani pasti berkurang dari. "Sebelum lebih jauh kerugian petani kita dalam nagari melaksanakan buru tupai dan kera bersama para pecandunya," ungkapnya.


Katanya, kalau tidak ada halanan sekitar 20 club penembak se Padangpariaman,Kota Pariaman dan lainnya akan ikut partisipasi dalam pemburuan hama tupai tersebut. "Kita berharap ranah dan rantau juga ikut partisipasi dalam pemburuan hama ini," ujarnya.


Kenapa tidak katanya, dengan dukungan semua pihak tentu pelaksanaan buru tupai dan kera akan berjalan lancar dan hasil buru semakin banyak jatuhnya, karena pelaksanaan acara membantu para petani dengan swadaya masyarakat.


"Kapada dunsanak yang ado di rantau atau di kampuang untuk acara baburu tupai akan diikuti peserta 20 club petembak dari luar Padangpariaman dan Kota Pariaman mari sama kita berpartisipasi dalam pengendalian hama tupai," ungkapnya.


Kemudian kata Sudirman, acara dilaksanakan sacara swadaya masyarakat Nagari Parikmalintang,  besar harapannya kapada dunsanak yang di rantau dan di kampuang untuk partisipasinyo dalam mengsukseskan acara bersama sama ini.


"Sebab, acara buru tupai dan kera ini telah lama tidak dilaksanakan masyarakat Nagari Paritmalintang. Kalau kita laksanakan tentu hama tersebut dapat kta tekan dan para oetani kita otomatis akan terbantu, karena hama dibasmi secara perlahan," tandasnya mengakhiri.(pendi)

×
Berita Terbaru Update