Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ade Rezki Pratama Bersama Kemenkes RI Sosialisasikan Pemanfaatan Layanan Kesehatan di Padang Pariaman

Senin, 19 September 2022 | 22:54 WIB Last Updated 2022-09-19T15:56:51Z

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI sosialisasikan tata kelola pelayanan kesehatan.

PADANG PARIAMAN
- Anggota DPR RI Komisi IX, Ade Rezki Pratama bersama Dirjen Pelayanan Kesehatan melakukan sosialisasi tentang tata kelola pelayanan kesehatan berbasis digital, Senin (19/9) di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.


Ade Rezki Pratama menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat terhadap permasalahan pelayanan kesehatan yang timbul sejak adanya Covid-19.

Terkait hal itu, pihaknya bersama pemerintah menghadirkan solusi dengah kemudahan seperti pemanfaatan layanan Sirute dan Telemedicine.

Dikatakannya, Sisrute merupakan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja fasilitas pelayanan kesehatan serta mempercepat proses rujukan sesuai kebutuhan. Pasalnya, dengan sistim ini bisa mempermudah dan mempercepat proses rujukan.

Sementara Telemedicine merupakan jawaban agar penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional terus optimal di tengah berbagai tantangan dan keterbatasan. Terutama pelayanan jarak jauh bagi masyarakat yang sulit mengakses pelayanan kesehatan.

Dengan adanya digitalisasi tentu membutuhkan jaringan telekomunikasi yang memadai. Namun, saat ini masih kendala yaitu adanya daerah blink spot di beberapa titik di Padang Pariaman.

“Untuk itu, pemerintah harus segera menyiapkan jaringan di seluruh daerah hingga tahun 2024. Sehingga hal ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, Telemedicine sangat penting pada situasi saat ini. Pasalnya, ini adalah suatu alat menghubungkan komunikasi antara dokter atau medis dengan pasien.

"Sifatnya sebatas pelayanan kesehatan yang didiagnosa secara lisan. Sehingga bisa meringankan pasien berkomunikasi dengan dokter nantinya," ungkap Ade. (nal)
×
Berita Terbaru Update