Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jembatan Lubuak Napa Padang Sago Dikerjakan, Enam Bulan Kedepan Siap Dipergunakan

Selasa, 07 Juni 2022 | 18:57 WIB Last Updated 2022-06-07T12:01:53Z

Bupati Suhatri Bur Tinjau Pengerjaan Jembatan Lubuak Napa

PADANGPARIAMAN - Jembatan Lubuak Napa, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman adalah akses penting untuk masyarakat sekitar, sekarang jembatan tersebut telah diperbaiki Pemkab Padangpariaman.


Jembatan tersebut merupakan akses penting masyarakat baik untuk ekonomi maupun pendidikan, karena itu untuk perbaikan jembatan ini sekarang Pemkab Padangpariaman gelontorkan dana Rp sekitar Rp 6,2 Milyar lebih.


"Kita sekarang alokasikan dana APBD Rp 6,2 Milyar lebih untuk pembangunan Jembatan Lubuak Napa Padang Sago,  Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago  untuk tahun sekarang," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.


Dana tersebut jelasnya, untuk memperbaiki jembatan Lubuak Napa yang mengalami kerusakan akibat dihantam aliran sungai tahun 2018.


"Saat ini saya bersama Kadis DPMD Hendri Satria dan Sekretaris Dinas PUPR Padangpariaman Fauzil Irawadi meninjau pelaksanaan pembangunan jembatan Lubuk Napayang telah dimulai pengerjaan sejak seminggu lalu," kata Suhatri Bur.


Katanya, sesuai dengan perjanjian kontrak, waktu pengerjaan jembatan 180 hari kalender atau 6 bulan. "Insyaallah jembatan yang rusak akibat bencana alam tahun 2018 lalu, akan bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat pada bulan Desember 2022 mendatang," ungkapnya.


Sebelumnya,  Pemkab Padangpariaman sudah memperjuangkan pembangunan kembali jembatan tersebut di tingkat pemerintah pusat dengan nilai anggaran sekitar Rp  35 miliar.


Namun katanya, perbaikan menggunakan dana pemerintah pusat tersebut terkendala administrasi yaitu kerusakan jembatan akibat bencana tidak terdata di Pusat Pengendalian Operasi Bencana di provinsi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta kejadiannya lebih dari 2,5 tahun sehingga tidak dapat direalisasikan.


"Karena itulah kita berkoordinasi dengan DPRD Padangpariaman untuk memperbaiki jembatan tersebut," katanya.


Ini dilakukan katanya,  karena Pemkab Padangpariaman tidak ingin lagi ada warga atau siswa yang jatuh saat melintasi jembatan darurat dengan lebar sekitar 80 sampai 100 centimeter hasil swadaya masyarakat untuk melintasi bagian jembatan yang rusak.


"Karena itu kami diskusikan dengan DPRD dan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghitung perbaikannya, alhamdulillah 2022 jembatan itu kami selesaikan," ujarnya.


Fauzil Irawadi Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Padangpariaman mengatakan pihaknya melakukan rehab atau rekonstruksi terhadap jembatan tersebut dengan nilai anggaran sekitar Rp 6,2 miliar. Sekarang telah dimulai dilaksanakan pengerjaannya.


Ia menyampaikan perbaikan yang dilakukan oleh Pemkab Padangpariaman yaitu dengan menggunakan bagian jembatan yang masih layak digunakan serta membangun bagian yang rusak.


"Sudah diperiksa oleh tim ahli dan konsultan, banyak bagian jembatan itu yang masih bisa digunakan, tapi bangunan bawah dan pondasi yang rusak harus diganti," katanya.


Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Padang Sago dengan Kecamatan VII Koto Patamuan sehingga merupakan akses penting warga baik untuk ekonomi, sosial dan agama maupun pendidikan.(ns)

×
Berita Terbaru Update