Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Butuh Kepastian Status Lahan Untuk Revitalisasi Pasar Balai Baru Balah Aie

Jumat, 10 Juni 2022 | 09:15 WIB Last Updated 2022-06-10T02:15:06Z

Lokasi Lahan Pasar Balai Baru

PADANGPARIAMAN  - Walinagari Balah Aia Jonfriadi menyatakan Pasar Balai Baru yang terletak di Nagari Balah Aia, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak saat ini sangat membutuhkan kepastian terkait status lahan pasar tersebut.



"Pada prinsipnya sebenarnya status lahan pasar ini sudah jelas, yaitu dibeli dengan sistim ruislag atau sistim tukar guling. Luasnya lebih dari 500 meter persegi. Namun untuk kepastiannya kita tentu butuh adanya payung hukum yang jelas, terlebih mengingat kondisi dan perkembangan dunia dan zaman saat ini. Kita tentu tidak menginginkan timbulnya gonjang-ganjing di kemudian hari. Termasuk mengantisipasi kemungkinan klaim pihak tertentu terhadap lahan pasar tersebut ," ungkap Walinagari Balah Aia Jonfriadi, kemarin.


Perlunya kepastian status lahan pasar Balai Baru tersebut lanjut Jonfriadi juga tidak terlepas dari rencana atau program untuk merivitalisasi pasar Balai Baru dimaksud.


"Rencana kita, pasar ini memang sudah mendesak direvitalisasi. Keinginan kita pasar ini nantinya bisa dikembangkan atau dilengkapi dengan sentra kuliner. Khususnya kuliner katupek gulai tunjang yang telah menjadi ikon atau kekhasan pasar Balai Baru selama ini," imbuhnya.


Untuk keperluan itulah sebut Jonfriadi menambahkan, saat ini pihaknya dari pemerintahan nagari sedang berupaya mengurus sertifikat lahan pasar Balai Baru dimaksud. 


Dimana berdasarkan arahan dari pihak BPN, secara administrasi pengurusannya akan dilakukan oleh Nagari Balah Aia, setelah sebelumnya ada penyerahan lahan secara tertulis oleh ninik mamak (KAN) pada pihak pemerintahan nagari.


"Karena seperti diketahui bersama bahwa pasar ini berada di bawah naungan ninik mamak, makanya untuk pengurusan sertifikatnya perlu didukung adanya penyerahan lahan secara tertulis oleh ninik mamak kepada pihak pemerintahan nagari.


Di sisi lain sebut Jonfriadi, meski saat ini Nagari Balah Aia telah mekar jadi tiga nagari, namun secara prinsip semua pihak telah sepakat menyerahkan pengurusan status administrasi lahan pasar Balai Baru pada pemerintahan nagari Balah Aia induk. 


Hal itu agaknya sangat beralasan, karena secara adminustrasi lokasi Pasar Balai Baru memang terletak di nagari Balah Aia induk. (ris)


×
Berita Terbaru Update