Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akibat Curah Hujan Tinggi, Berberapa Titik Saluran Irigasi Pertanian Masyarakat Jebol

Senin, 13 Juni 2022 | 09:15 WIB Last Updated 2022-06-13T02:15:42Z

Saluran Irigasi Jebol

PADANGPARIAMAN - Ketua LPM Paritmalintang Alam Syahri menyatakan curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari terakhir melanda daerah ini, salah satunya Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman mengakibatkan berberapa saluran irigasi jebol.


"Salah satunya, saluran irigasi di Korong Kampung Bonai, Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung,Kabupaten Padangpariaman," kata Alam Syahri, kemarin.


Katanya, saat ini masyarakat petani sekitar berharap kepada pemerintah daerah untuk dapat memperbaiki, namun menjelang ada perbaikan masyarakat petani setempat melakukan perbaikan perbaikan sementara agar saluran air tetap mengalir.


"Sebab, curah hujan yang tinggi ini tidak dapat kita atasi, karena itulah kehendak allah SWT. Kita hanya bisa meminta doa kepada allah agar saluran irigasi tetap baik, walau curah hujan tinggi. Mudah mudah permintaan masyarakat petani didengar pihak pihak terkait," ungkapnya.


Sehingga katanya, saluran irigasi sawah masyarakat yang jebol, karena musibah bencana ini dapat diperbaiki lagi, karena saluran irigasi ini sangat berguna bagi masyarakat untuk lancarnya aliran air ke sawah atau kebun masyarakat petani disini.


"Masyarakat petani sangat berharap sekali agar ada yang sesegaranya melakukan perbaikan, sebab, lancar aliran air kesawah atau kebun otomatis hasil panen mereka akan naik. Apalagi sawah sangat butuh aliran air, kalau tidak ada air sawah tidak bisa ditanam," ujarnya. 


Apalagi ini dalah kehendak yang maha kuasa, karena akibat curah hujan yang terlalu tinggi, mengakibat kan saluran irigasi jebol mengakibatkan pada beberapa titik di saluran irigasi di Korong Kampung Bonai Paritmalintang.


 "Semoga tahap awal ada donatur swasta memberikan bantuan. Sebab, kalau kita berharap dari dana pemerintah tentu prosesnya cukup panjang, meski demikian kita tetap menunggu untuk proses perbaikan aliran irigasi yang terkena bencana alam," tandasnya mengakhiri.(ns)  

×
Berita Terbaru Update