Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sejarah Perang Sintuk Tetap Dikenang Dengan Penampilan Randai Pejuangan Rakyat Tahun 1947-1949

Kamis, 12 Mei 2022 | 09:15 WIB Last Updated 2022-05-12T02:15:58Z

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur Saat Acara Penampilan Randai Perang Sintuk

PADANGPARIAMAN - Bupati Padanpariaman Suhatri Bur kemarin,  membuka secara resmi Pekan Kreativitas Museum, Penampilan Randai Perjuangan Rakyat Sintuk tahun 1947-1949.


"Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat membangkit semngat pejuang tahun kemerdekaan terhadulu yang dilaksanakan di Jl. Simpang Tigo Sintuak-Pakandangan  atau Lapangan Museum Perang Sintuk," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai acara.


Suhatri Bur mengatakan, acara ini pada hakikatnya merupakan wujud pelestarian budaya, merawat, serta mempertahankan kearifan lokal.


Sebab budaya merupakan aset penting sebagai marwah negeri ini. "Dengan demikian generasi generasi bansga khusus di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang ini akan selalu mengingat zaman zaman penjajahan Belanda dan Jepang," ungkapnya. 


Katanya, peranan yang terpenting dari museum sesungguhnya adalah menjadi sumber pengetahuan sehingga amat berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai tempat pendidikan.


"Sehingga sarana ini dapat menjadi bahan pelajaran bagi adik adik yang masih sekolah. Mereka dapat melihat secara langsung bagaimana museum ini dan mereka akan mengerti tentang perang Sintuk dahulunya. Dengan generasi kita tidak akan lupa dengan sejarah bangsa ini," ujarnya. 


Turut hadir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Siti Izzati Aziz, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Anwar, Kadis Perhubungan Sutan Rifki Monrizal, Kabag Hukum Riki R Zakaria, Kabag Perekonomian Mulyadi, Camat Sintoga dan Walinagari Sintuk.(ns)

×
Berita Terbaru Update