Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Inovasi Pendidikan Dengan Sipintar, Kurikulum Merdeka Hadir Menuju Padangpariaman Berjaya

Jumat, 13 Mei 2022 | 19:46 WIB Last Updated 2022-05-13T12:46:47Z

Bupati Suhatri Bur Usai Acara Hardiknas 

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan hari pendidikan nasional biasanya di peringatan setiap tanggal 2 Mei, namun untuk tahun ini digeser sekarang karena dua mei bertepatan dengan hari libur Hari Raya Lebaran.


Dalam peringatan hari pendidikan tahun 2022, kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti, bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia.kemarin.


Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang biasanya diperingati setiap tanggal 2 Mei, khusus tahun 2022 karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menetapkan pelaksanaannya pada Hari Jumat ini.


Katanya, Mendikbudristek Nadiem Anwar Karim mengatakan, kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi. Terbuktimampumengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini, kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Ituberarti, bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.


“Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan. Karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan, tidak bertujuan untuk menghukum guru atau murid. Tetapi sebagai bahan refleksi, agar guru terus terdorong untuk belajar. Supaya kepala sekolah termotivasi, untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar Pendidikan.


Kemudian Suhatribur menambahkan, pada era sekarang kita harus dapat menciptakan inovasi-inovasi untuk pendidikan yang lebih maju dan berkualitas. Maka pada tahun ini telah dilahirkan beberapa inovasi seperti Sipintar (Siswa praktek ibadah setiap hari) dan Siberseri (Siswa bersedekah setiap hari).Tentu dengan inovasi ini akan mempercepat pencapain visi Pemerintah yaitu Padangpariaman berjaya.


"Saya juga mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh tenaga pendidik yang dengan tulus tanpa batas telah mengabdikan dirinya untuk mencerdaskan anak bangsa. Mari kita bangkit dan pulih,mari serentak bergerak, pimpin pemulihan untuk merdeka belajar," ungkapnya mengakhiri.(ns)

×
Berita Terbaru Update