Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sebanyak 88 Taruna/i Poltek KP Pariaman Ikuti PPKMP di Tanjuang Mutiara Agam

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:25 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z


PARIAMAN - Sebanyak 88 taruna/i Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman mengikuti Praktik Pengenalan Kehidupan Masyarakat Pesisir (PPKMP) di Tiku, Kecematan Tanjuang Mutiara, Kabupaten Agam, Selasa (1/2).


Wakil Koordinator Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Harisjon menyampaikan, ada lima sasaran yang akan dicapai pada PPKMP nanti yaitu pertama mengenal kepada taruna bagaimana kehidupan masyarakat.

Kedua, melatih taruna dalam rangka menyesuaikan diri serta mengenal bagaimana potensi-potensi di Tanjung Mutiara. Nanti akan dikenalkan dengan kegiatan perikanan seperti perikanan tangkap ikan, perikanan budidaya, perikanan pengolahan dan formasi kapal.

"Nanti melalui pelatih, akan mengunjungi unit usaha, keramba di Danau Maninjau, budidaya lobster air tawar dan pembenihan ikan nila di Kabupaten Agam," jelasnya.

Ketiga, mengenal sosial budaya dan ke empat taruna juga akan mengenal ekonomi masyarakat. Pasalnya, didaerah tersebut masyarakat tidak memiliki usaha dibidang perikanan saja, melainkan ada dagang harian atau wisata.

Kemudian kata Harisjon, taruna juga akan mengenal unit usaha mana yang akan diminatinya. "Usaha mana yang akan ditiru nanti sehingga akan lahir calon usaha muda," kata dia.

Ia menyampaikan, taruna mengikuti PPKMP selama 15 hari yang diawasi oleh dosen pembina. Pasalnya, pihaknya langsung menyerahkan taruna secara simbolis kepada Camat Tanjung Mutiara.

Selama itu kata Harisjon, taruna juga dituntut agar bisa bergaul dilingkungan masyarakat. "Diminta kepada taruna bisa beradaptasi, mudah bergaul dan aktif dalam kegiatan masyarakat. (ronal)
×
Berita Terbaru Update