Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Musim Kemarau dan Angin Kencang, Damkar Kota Pariaman Minta Masyarakat Waspada Terjadi Kebakaran

Kamis, 31 Maret 2022 | 11:07 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman Alvian

PARIAMAN - Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran selama musim kemarau dan angin kencang.

 

Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Kota Pariaman, Alvian mengatakan, kebakaran rawan terjadi saat musim kemarau seperti saat ini. Pasalnya, cuaca panas bisa memicu terjadinya kebakaran, terutama kebakaran lahan-lahan kering. Untuk itu pihaknya minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

 

Ia meminta kepada masyarakat agar jangan buang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah sembarangan. “Kita mengimbau masyarakat agar tidak membakar karena api pembakaran rawan menjalar ke tempat lain," ujarnya.

 

Selain berefek pada kesehatan dan lingkungan, membakar sampah juga sangat berpotensi memicu terjadinya kebakaran yang bisa menimbulkan kerugian harta benda hingga korban jiwa.

 

Maka dari itu masyarakat harus berhati-hati dalam menggunakan alat yang rawan memicu api atau mudah terbakar, seperti kertas, kayu, dan plastik. "Kebakaran adalah tanggungjawab kita bersama oleh karena itu lebih baik mencegah sejak dini," katanya.

 

Diimbau pula untuk berhati-hati saat menggunakan listrik, menggunakan obat nyamuk bakar dan kompor, termasuk kompor yang menggunakan gas. Jangan meninggalkan kompor saat dalam kondisi menyala, begitu pun saat menggunakan lilin harus diawasi dengan baik," katanya.

 

Imbauan ini menyikapi sejumlah peristiwa kebakaran yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Bahkan dalam 2 hari kemarin ada kebakaran lahan terjadi di depan Rumah Sakit TMC Pariaman. Kebakaran dipicu karena pembakaran sampah hingga api menjalar. Maka dari itu, jika ada kebakaran tenangkan situasi dan jangan panik. Apabila terjadi kebakaran silahkan melapor ke petugas melalui Call Center : 0751-92113. (ronal)
×
Berita Terbaru Update