Tim Wasev Mabes TNI AD Mayor Jendral Irwan Zaini Kunjungi Kegiatan TMMD Ke-110 di Nagari Salibutan Lubuak Aluang - Reportase Sumbar

Breaking

Post Top Ad

Kamis, 18 Maret 2021

Tim Wasev Mabes TNI AD Mayor Jendral Irwan Zaini Kunjungi Kegiatan TMMD Ke-110 di Nagari Salibutan Lubuak Aluang

Mayor Jendral Irwan Zaini Menggunakan Motor di Lokasi TMMD-110


LUBUAK ALUANG-
--Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD, Mayor Jendral TNI Irwan Zaini bersama rombongan mengunjungi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 yang dilaksanakan Kodim 0308/Pariaman di Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman, Kamis (18/3). 


Sebelum mengunjungi lokasi sasaran, Tim Wasev melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak diantaranya Jajaran Kodim 0308/Pariaman, Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang di posko utama TMMD. 


Dandim 0308/Pariaman,Letkol Czi Titan Jatmiko ketika menerima kunjungan tim Wasev menyebutkan, operasi bakti TNI merupakan partisipasi TNI sebagai alat pertahanan negara dalam rangka pembinaan wilayah bidang fisik, material dan mental spiritual yang dilakukan atas perintah Panglima TNI. 


“TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemda dan instansi serta komponen bangsa lainnya. Tema dalam pelaksanaan TMMD kali ini, yaitu “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri," ujarnya.


Menurutnya, tujuan pelaksanaan TMMD ke-110 yaitu untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun nonfisik serta memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat.


Katim Wasev Mabes TNI AD, Mayor Jendral TNI Irwan Zaini menyebutkan, kehadirannya ke Padangpariaman, untuk melaksanakan pengawasan dan evaluasi TMMD ke-110 dan mengukur tahap kinerja sehingga pelaksanaannya dapat berjalan secara maksimal dan efisien.


Tujuan pelaksanan TMMD untuk percepatan pembangunan di daerah serta untuk membantu kesulitan rakyat dan sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat. “Dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, kita menyadari bahwa TNI-rakyat tidak bisa dipisahkan. Perjuangan Indonesia telah membuktikan, TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat dalam merebut kemerdekaan.


Ia menyampaikan, sampai kapan pun, roh TNI adalah bersama rakyat, tanpa rakyat TNI bukanlah apa-apa. Ia juga menambahkan, perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran. Kegiatan ini, melibatkan semua unsur terkait, mulai tingkat nagari.


Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang mengatakan, kegiatan TMMD Ke-110 di Kabupaten Padangpariaman sebagai salah satu kabupaten terpilih ini, dilaksanakan secara nasional dan serentak yaitu dibuka tanggal 2 Maret 2021 dan dan ditutup pada tanggal 31 Maret 2021.


"Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang kita laksanakan dari waktu ke waktu, telah secara nyata memberikan bukti membantu Pemerintah Daerah dalam memberikan dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” terangnya


Ia menyampaikan, selain kegiatan fisik juga dilaksanakan kegiatan–kegiatan non fisik, salah satunya membantu pemerintah melakukan pembinaan mental dan wawasan kebangsaan, pembinaan terhadap remaja dan generasi muda serta mencegah berkembangnya paham radikal, separatis dan sejenisnya. (rr)

Post Top Ad