Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Alan Martha Isi Waktu Luang Masa Vakum Kompetisi Dengan Melatih Sejumlah SSB di Sumbar

Minggu, 15 November 2020 | 22:02 WIB Last Updated 2022-03-31T16:29:19Z
Alan Martha Melatih SSB Batu Bengaum Kuranji Hulu Sungai Garingging


PADANG PARIAMAN---Pesepak bola Indonesia Alan Martha mengisi waktu di masa vakum kompetisi  bola dengan melatih siswa sekolah sepak bola (SSB) yang ada di sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar).


"Awalnya fokus untuk menyelesaikan kuliah, dan sekarang sudah wisuda namun karena COVID-19 jadi vakum dulu," kata Alan usai melatih puluhan siswa SSB Batu Bengaum Club (BBC) di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Garinggiang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Minggu.


Ia mengatakan dirinya akan kembali bertanding setelah COVID-19 berakhir atau liga sudah bisa dilaksanakan kembali. 


Meskipun saat ini vakum karena tidak ada liga, lanjutnya namun dirinya tetap melaksanakan latihan secara mandiri serta berbagi pengalaman dengan pecinta bola dan melatih siswa SBB yang terdapat di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman dan sekitarnya. 


Ia mengatakan saat berbagi pengalaman serta mengajarkan siswa SSB dirinya melihat banyak potensi pemuda di daerah yang dapat mengangkat dunia sepak bola di Indonesia. 


"Namun mereka perlu dukungan baik dari pemerintah serta pihak swasta," ujarnya.


Pada saat melatih di SSB tersebut dirinya meminta siswa untuk fokus dalam menempa diri agar mahir serta tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif.


"Biasanya ketika masuk SMA banyak pengaruh, jadi kemauan adik-adik juga diperlukan. Jika ada kemauan maka pasti ada jalannya," ujar dia.


Ia mengungkapkan selain kegiatan tersebut dirinya juga membuka usaha menjual peralatan olahraga serta investasi masa depan serta menambah pendapatan di masa pandemi COVID-19.


Hingga saat ini, lanjutnya dirinya masih menjalin komunikasi dengan teman-teman pesepak bola tim nasional serta pesepak bola lainnya yang sama-sama mengikuti pelatihan di Uruguay.


Sementara itu, Ketua SSB BBC Rudi Megaria mengatakan kedatangan Alan Marta ke sekolah bola yang dipimpinnya dapat memotivasi siswa untuk semangat berlatih. 


"Motivasi dan ilmu yang dimiliki Alan dibutuhkan tidak saja bagi anak-anak kami namun juga kami sebagai pengurus dan pelatih di sini," kata dia.


Ia pun akan mendatangkan tokoh pesepak bola lainnya ke SSB tersebut agar sekolah  yang khusus mengajarkan tentang dunia sepak itu  dapat semakin baik dan melahirkan pesepak bola andal.


Ia menjelaskan dilahirkannya SSB tersebut tidak saja semata-mata untuk menciptakan bibit baru dalam dunia sepak bola dan menjadikannya sosok yang disiplin namun juga menjauhkan generasi muda  dari perilaku negatif. (rr)

×
Berita Terbaru Update