Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Nagari Kuranji Hulu Sungai Geringging Dipilih Menjadi Nagari Tangguh Nusantara

Jumat, 14 Agustus 2020 | 19:26 WIB Last Updated 2022-03-31T16:29:19Z

PADANG PARIAMAN---Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat dipilih menjadi Nagari Tangguh Nusantara atau Nagari Tageh Rumah Gadang karena dinilai memenuhi empat kriteria yang ditatapkan. 

"Ini dalam rangka ketahanan menghadapi COVID-19 yang sekarang mewabah," kata Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana saat pengukuhan Nagari Kuranji Hulu sebagai Nagari Tageh Rumah Gadang, di Sungai Geringging, Jumat. 

Ia menyebutkan, adapun kriteria yang diterapkan yaitu ketahana kesehatan, sosial,  pangan, dan keamanan. Dalam kriteria tersebut, lanjutnya nagari juga harus memiliki sejumlah fasilitas mulai dari pos kamling, pemeriksaan kesehatan, dan lokasi isolasi bagi perantau yang pulang kampung. 

Ia menyampaikan, pihaknya telah mengerahkan personelnya untuk memantau nagari-nagari yang siap dengan empat kriteria tersebut. 


Pihaknya menyebutkan saat ini di lingkungan Polres Pariaman telah terdapat dua desa dan nagari tangguh yaitu di Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman dan Nagari Kuranji Hulu. 


Kapolsek Sungai Geringging Iptu Anazrul mengatakan, dasar dijadikan Kuranji Hulu sebagai nagari Tageh karena sebelumnya seorang warga di daerah itu pernah dinyatakan positif COVID-19.

Meskipun warga tersebut telah dinyatakan sembuh namun diharapkan dengan adanya Nagari Tageh maka tidak ada warga yang positif COVID-19 di daerah itu.

Sementara itu, Camat Sungai Geringging Kecil Ardinata mengatakan Nagari Tageh Nusantara tesebut yaitu untuk pencegahan penyebaran COVID-19 yang dalam pelaksanaannya dilibatkan seluruh lapisan masyarakat dan instansi. 

Ia berharap dengan adanya Nagari Tageh maka dapat meminimalisir penyebaran COVID-19 di daerag setempat. 

Sejalan dengan itu Wali Nagari Kuranji Hulu Maswardi mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk meminimlisir penyebaran COVID-19 di nagari. 

Selain itu juga telah membagikan bibit janggung agar ketika tanaman padi  terjadi permasalahan maka jagung bisa menjadi altenatif makana warga. 

Lalu nagari itu juga terdapat pos yang dilengkapi dengan tv yang tujuannya untuk menjaga nagari dari tindakan kriminal serta tv dapat menjadi media belajar.

"TV ini pun sumbangan dari perantau yang peduli dengan perkembangan Nagari Kuranji Hulu. (rr)

×
Berita Terbaru Update