Ticker

6/recent/ticker-posts

Sikapi Pilkada, ASN Diminta Tetap Fokus Pada Tupoksi Masing-masing



PADANGPARIAMAN---Proses pemilihan kepala daerah secara langsung di Kabupaten Padangpariaman telah ditabuh. Dan saat ini tahapan demi tahapan yang digawangi jajaran KPU Padangpariaman juga terus berlangsung.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi saat dikonfirmasi melalui ponselnya kemarin mengingatkan jajaran ASN di lingkungan Pemkab Padangpariaman agar tetap fokus dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Sebagaimana diketahui, sebagai aparatur yang baik kita tentu harus tetap mengacu pada aturan dan ketentuan yang berlaku. Sebab sikap ASN dalam pilkada itu sudah sangat jelas, yaitu setiap ASN harus bersikap netral dan terbebas dari kepentingan politik apapun. Termasuk diantaranya harus netral dalam menyikapi pilkada,” bebernya.

Terkait hal itu Jonpriadi juga tak lupa mewanti-wanti para ASN agar jangan terjebak pada hal-hal yang bersifat politis. Karena jika itu sampai terjadi yang bersangkutan bisa saja terkena sanksi, baik sanksi berupa pelanggaran netralitas ASN oleh pihak Panwas, maupun sanksi administrasi lainnya.

“Karena itulah kita tentu mengimbau agar ASN hendaknya tetap harus menjaga sikap netralitasnya. Jadi jangan sampai karena keteledoran kita akhirnya justeru akan merugikan diri kita sendiri,” imbuhnya.

Di pihak lain, disunggung mencuatnya sejumlah nama calon yang berasal dari kalangan ASN aktif, terutama sebagai calon wakil bupati, Jonpriadi mengaku pihaknya jelas turut mengapresiasi hal tersebut. 

Karena bagaimana pun sebutnya hal itu merupakan hak yang bersangkutan selaku warga negara, untuk bisa dipilih atau memilih. 

“Namun demikian tentunya semua tetap mengacu pada ketentuan yang ada, yaitu Peraturan KPU dimana ASN yang maju dalam pilkada juga tentunya harus mundur atau berhenti dari ASN,” terangnya.

Lebih jauh menurut Jonpriadi, persoalan mengemukanya sejumlah calon dari ASN agaknya memang cukup beralasan. 

“Karena kan itu sekaligus berarti jika dan pengalaman mereka selama ini dianggap telah memadai sehingga dianggap layak untuk maju sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah,” terangnya.

Ditanya tentang kemungkinan dirinya maju sebagai calon pada pilkada mendatang, menanggapi hal itu Jonpriadi tampak enggan berkomentar banyak. 

“Yang jelas sebagai Sekretaris Daerah saya tentunya harus tetap fokus dengan menyelesaikan pekerjaan saya saat ini. Bukankah ini merupakan amanah penting yang harus saya jalankan dengan sebaik-baiknya,” terangnya.(ris)




Posting Komentar

0 Komentar