Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Bantu Warga Bersihkan Aliran Batang Piaman Pasca Banjir - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 18 Oktober 2019

Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Bantu Warga Bersihkan Aliran Batang Piaman Pasca Banjir


PADANG SAGO ---Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa), bersama Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas), Nagari Lareh Nan Panjang Barat, Kecamatan Tujuah Koto, Padang Pariaman, ikut membantu membersihkan aliran sungai Batang Piaman, usai banjir kiriman melanda wilayah tersebut, pada Jumat (18/10) dini hari.

Dua orang anggota tersebut, yaitu, Serda Damris, yang merupakan Babinsa Koramil 03/Sungai Sariak Kodim 0308/Pariaman. Sedangkan Bhabinkamtibmasnya Aipda Fitriadi yang merupakan anggota Polres Padang Pariaman.


Selain mereka, Kapolsek Tujuh Koto, Iptu Dony Rinaldy, bersama Waka Polsek dan beserta anggota lain juga ikut turun ke lokasi pada kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (18/10) tersebut.

"Kami sebagai aparat kewilayahan harus selalu siap membantu warga. Baik itu pasca kebanjiran, atau yang lainnya," sebut Kapolsek Tujuh Koto, Iptu Dony Rinaldy, didampingi Bhabinkamtibmasnya Aipda Fitriadi, pada Jumat (18/10).


Lanjutnya, jadi kebetulan di daerah ini usai banjir melandanya. Maka pihaknya harus turun untuk membantu masyarakat. "Seperti sekarang sungai Batang Piaman, usai banjir melanda kondisinya tertimbun oleh material, sehingga laju air menjadi terhalang," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Lareh Nan Panjang Barat, Asrul Mayulis menyebutkan, sekarang air sudah surut dan sebagian warga juga sudah beraktifitas seperti biasanya.

Dikatakannya, banjir tersebut mengakibatkan masyarakat mengalami banyak kerugian. Diantaranya tergerusnya sawah dan ladang yang ada di bantaran sungai Batang Piaman itu.

"Ada sekitar 3 hektar sawah dan ladang masyarakat yang tergerus oleh air. Kemudian jembatan penghubung antar kampung di daerah itu nyaris runtuh," katanya.

Asrul menghimbau, agar masyarakatnya lebih waspada kalau ada banjir susulan, jika terjadi intensitas hujan yang lebat. Seandainya terjadi diharapkan bisa mengungsi ke tempat yang aman. (z)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad