Ruas Jalan Medan Baiak-Kabun Sunua Memprihatinkan Azri : Bupati H Ali Mukhni Telah Setujui Pengaspalan

Wali Nagari Padang Bintungan Azri Sedang Melayani Masyarakat ( Fhoto : Yurisman Malalak)
PADANGPARIAMAN---Kondisi ruas jalan Medan Baiak Nagari Padang Bintungan menuju Kabun Sunur, Nagari Sunur Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padangpariaman saat ini sangat memprihatinkan. Pasalnya, ruas jalan yang diaspal pada tahun 1980 yang lalu, sampai saat ini belum pernah mengalami perbaikan.

"Makanya seperti yang terlihat saat ini, umumnya aspal yang ada  ruas jalan ini sekarang sudah terkelupas, sehingga kondisinya nyaris tidak lagi berbentuk," demikian ditegaskan Walinagari Padang Bintungan, Azri, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya kemarin.

Lebih jauh Azri menambahkan, akibat kondisi tersebut ruas jalan yang melintasi ratusan hektare lahan pertanian masyarakat ini nyaris sangat memprihatinkan. Buktinya, saat hari hujan biasanya ruas jalan tersebut cenderung tergenang air, sehingga tak urung membuat para pengendara menjadi  kesulitan melewatinya.

Dengan alasan itulah sebut Azri, atas partisipasi sejumlah pihak, termasuk diantaranya para calon anggota legislatif yang sempat berkunjung ke nagari Padang Bintungan akhirnya ruas jalan tersebut bisa ditimbun secara seadanya.

"Namun harapan kita tentunya bagaimana agar ruas jalan ini bisa dihotmix sedemikian rupa, sehingga kondisinya bisa kembali nyaman dilewati oleh para pengendara," terangnya.

Azri mengakui, kawasan di sekitar daerah Korong Medan Baiak Nagari Padang Bintungan sendiri selama ini merupakan kawasan pertanian yang sangat potensial. Hal itu ditandai luasnya hamparan sawah yang terdapat di sekitar kawasan tersebut. "Luas lahan pertanian di kawasan ini memang sangat luas sekali diperkirakan mencapai ribuan hektare," terangnya.

Dengan pertimbangan itu pula sebut Azri, hampir setiap tahunnya pihaknya dari pemerintahan nagari Padang Bintungan mengajukan permohonan perbaikan ruas jalan di kawasan itu. Baik itu melalui Musrembang Nagari, Musrembang Kecamatan maupun Musrembang Kabupaten.

Bahkan usulan pengaspalan ruas jalan tersebut telah ditetapkan sebagai prioritas utama pada Musrembang Kecamatan.

"Alhamdulillah hasilnya sejauh ini cukup melegakan kita, karena dari informasi tertulis yang kita dapatkan Pak Bupati H. Ali Mukhni bahkan telah menyetujui untuk memperbaiki ruas jalan tersebut. Hal itu terlihat dari disposisi yang ditandatangani langsung oleh orang nomor satu di Kabupaten Padangpariaman itu.

"Rencananya untuk perbaikan ruas jalan Medan Baiak tersebut nantinya akan memanfaatkan anggaran APBD Perubahan Kabupaten Padangpariaman. Semoga saja, harapan masyarakat di sini nantinya bisa terealisir seperti diharapkan. Karena sudah lebih dari  puluhan tahun warga di daerah ini mendambakan hal tersebut," imbuhnya.

Azri juga mengaku optimis, jika saja ruas jalan yang menghubungkan dua nagari yang bertetangga itu bisa dibenahi sedemikian rupa, maka dampaknya akan sangat positif sekali dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di kedua nagari. Terlebih mengingat fitalnya keberadaan ruas jalan tersebut untuk keperluan pengangkutan hasil pertanian warga di daerah itu.

"Bahkan tidak sebatas itu saja barangkali, tapi dengan dibenahinya ruas jalan tersebut tentunya akan lebih memperlancar akses perhubungan masyarakat, sehingga bisa berdampak positif pula dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya. (ris)

Posting Komentar

0 Komentar