Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lagi Blanko E KTP Habis Disdukcapil Keluarkan Ribuan Surat Keterangan

Selasa, 03 September 2019 | 17:45 WIB Last Updated 2022-03-31T16:32:39Z


PADANGPARIAMAN---- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padangpariaman Muhammad Fadhly menyatakan blangko e KTP habis. Karena itu pihaknya  terpaksa mengeluarkan surat keterangan penganti e-KTP.

    "Tapi, kalau tidak  halangan blangko e KTP besok ( hari ini red ) datang. Namun, menjelang kedatangan blangko tersebut kita sampai sekarang telah menerbitkan lebih dari 5.300 surat keterangan pengganti KTP elektronik (KTP-el) semenjak Mei 2019," kata Kadis Dukcapil Padangpariaman  Muhammad Fadhly, kemarin.

    Namun demikian katanya, kekosongan blngko e KTP ini tidak saja terjadi di Kabupaten Padangpariaman, tapi juga di berberapa di Indonesia, sedangkan blangko tersebut didatangkan dari pemerintah pusat.

    Katanya, untuk mengatasi kekosongan blangko tersebut pihaknya mengeluarkan surat keterangan yang fungsinya sama dengan KTP-el sehingga berlaku di instansi manapun.

    Meskipun surat keterangan KTP-el tersebut memiliki jangka waktu, namun warga dapat mengurusnya kembali ke Disdukapil atau gerai organisasi perangkat daerah (OPD) itu. "Namun, kita telah sampaikan kepada setiap warga yang mengurus KTP-el, tentang kehabisan blangko e KTP ini," ujarnya.

    Dikatakan, meskipun bebebapa waktu yang lalu pihaknya telah mendapatkan kiriman 700 blanko dari pemerintah pusat namun langsung habis karena jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan.

    Hal tersebut karena pihaknya langsung memberitahukan kedatangan blangko tersebut kepada warga yang terlebih dahulu mendapatkan surat keterangan KTP-el terhitung semenjak Mei 2019. "Kami kirim pesan kepada warga tersebut terkait ketersediaan blangko agar mereka mengurusnya," ujarnya.

    Untuk keterbukaan informasi, lanjutnya warga di daerah itu dapat menggunakan aplikasi Dukcapilceria Mobile guna mengetahui ketersediaan blangko di Kabupaten Padangpariaman. "Kita sediakan semua aplikasinya untuk keterbukaan informasi publik, termasuk kehabisan blangko e KTP ini," tandasnya.(ris)

×
Berita Terbaru Update