Kegiatan Pawai Obor di Pauah Kamba Berlangsung Semarak Meriahkan Pergantian Tahun Baru Hijriyah

Pawai Obor di Pauhkambar

PADANGPARIAMAN---Pawai obor dalam rangka memeriahkan pergantian tahun baru hijriyah yang berlangsung Minggu malam di Nagari Pauah Kambar, Kecamatan Nan Sabaris Padangpariaman berlangsung semarak.

Dalam kesempatan itu, Sekdakab Padangpariaman bertindak mengibarkan bendera menandai pelepasan rombongan pawai obor.

Seperti diakui Walinagari Pauah Kamba, Muhammad Nur, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya kemarin, kegiatan pawai obor tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya di Nagari Pauah Kambar, dalam rangka memeriahkan pergantian tahun baru hijriyah atau bulan Muharram.

"Selain dimeriahkan dengan kegiatan pawai obor, kegiatan pergantian tahun baru hijriyah ini  biasanya juga diikuti dengan lomba tahfiz, hanya saja untuk saat ini kegiatan lomba tahfiz dindur kegiatannya selama satu minggu, berhubung bertepatan dengan kegiatan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Padangpariaman yang berlangsung di Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam," terang M Nur.

Untuk selanjutnya sebut mantan Ketua Forum Walinagari Padangpariaman ini, lomba selanjutnya tahfiz akan digelar pada Minggu malam berikutnya.

Pihaknya juga mengaku lega, karena seluruh rangkaian pawai obor bisa berlangsung semarah dan lancar. Diawali pelepasan rombongan di sekitar Pasar Pauah Kamba oleh Sekdakab Padangpariaman Jonpriadi, selanjutnya rombongan langsung diarak berkeliling sembari membawa obor di tangan.

Yang menggembirakan pihaknya, seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini juga mendapat sambutan antusias warga, terbukti banyaknya warga yang ikut memeriahkan kegiatan pawai obor tersebut yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1500 orang lebih.

"Melalui kegiatan ini sekaligus kita juga ingin menanamkan semangat kecintaan masyarakat dan generasi muda Pauah kamba terhadap penanggalan kalender hijriyah yang merupakan penentuan penanggalan dalam Islam.  Sekaligus juga tentunya dalam rangka menggalakkan syiar Islam di tengah kehidupan masyarakat," sebutnya. (ris)

Posting Komentar

0 Komentar