Keberadaan Geng Motor di Padangpariaman Mengkhawatirkan Wabup : Mereka Bahkan Tak segan lukai Hingga Tega Bunuh Orang Lain

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Bedialog Dengan Pelajar ( Fhoto : Yurisman Malalak)
PADANGPARIAMAN,--- Wakil Bupati Padangpariaman H Suhatri Bur meminta para orang tua di Kabupaten Padangpariaman agar lebih aktif  mengawasi anaknya masing-masing. Baik itu di luar sekolah maupun dalam lingkungan sekolah. "Karena seperti diketahui, anak-anak sekarang  sangat mudah bergabung atau masuk dalam geng-geng (kelompok), termasuk geng bermotor  yang bisa membuat meningkatnya kenakalan mereka. Bahkan mereka yang tergabung dalam geng tersebut juga tidak segan melukai temannya sendiri atau melakukan berbagai keributan dan aksi tawuran lainnya," terang Wakil Bupati Suhatri Bur saat dihubungi Senin kemarin di Kantor Bupati Paritmalintang.

    "Bahkan belakangan di kampung kita ini sudah sangat banyak ditemui geng seperti itu, bermacam-macam nama gengnya, ini yang perlu kita waspadai bersama-sama," katanya lagi.

    Katanya lagi, tidak dinafikan bahwa pada zaman sekarang ini banyak oknum anak-anak cenderung membentuk kelompok bermotor atau dikenal juga dengan geng motor. Selanjutnya mereka bergerombol dalam jumlah besar, lalu membuat onar. Keonaran yang mereka buat bukan lagi kenakalan remaja biasa, tapi sudah menjurus pada beragam tindak kriminal. "Kategori tindak kriminalnya pun sudah masuk kategori kriminal berat, karena mereka sampai tega membunuh orang lain. Korban kejahatan geng motor ini sangat banyak, karena mereka juga terlihat sangat nekat," ungkapnya.

Dengan alasan itu tegasnya, masalah ini tentunya perlu dipecahkan secara bersama, termasuk diantaranya pertanyaan  pentingnya  adalah, sejauh mana keterlibatan para orang tua dalam mengawasi anak-anak mereka. Sehingga dengan begitu anak-anak mereka tidak begitu saja terjerumus kepada pergaulan salah seperti itu.
    

Bahkan lebih ironisnya lagi, belakangan keberadaan geng-geng tersebut  bahkan telah mulai tersebar di nagari-nagari  di  Kabupaten Padangpariaman. Kondisi ini tentunya mesti diwaspadai bersama, agar bisa tercipta generasi muda yang berkualitas untuk kemajuan bangsa dan Padangpariman yang lebih baik ke depannya.

    Dalam arti lain sebutnya, tentunya dalam hal ini kontrol orang tua jelas perlu dipertanyakan. Tidakkah para orang tua  tahu dengan siapa saja anak-anak mereka berteman, atau ke mana saja mereka pergi sehari-hari, dan apa saja yang mereka lakukan.

`    "Artinya, untuk mengatasi persoalan tersebut tentunya diperlukan kebersamaan semua pihak. Makanya kita dari  Pemkab Padangpariaman tentunya tidak ingin generasi muda kita rusak. Kita ingin generasi muda Padangpariaman lahir dengan SDM yang unggul untuk kemajuan daerah ke depannya," tandasnya mengakhiri. (ris)


Posting Komentar

0 Komentar