Senin, 23 Juli 2018

Siap saingi Pantai Kuta Bali, Pantai Kata Pariaman Makin Dilirik Pengunjung

Pantai Kata Pariaman ( Fhoto Dok.Promo Jitu.Com)
PARIAMAN (Reportase Sumbar)---Pulau Bali boleh saja terkenal dengan keindahan objek wisata Pantai Kutanya, namun tidak jauh berbeda dengan Kota Pariaman. Kota berjuluk Kota Tabuik ini juga ternyata memiliki objek wisata pavorit yang juga tidak kalah indahnya dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali.

Adalah Pantai Kata, yang terletak Desa Taluak Pariaman Selatan, Kota Pariaman, yang belakangan semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Terlebih saat libur lebaran yang berlangsung baru-baru ini, dimana sejumlah objek wisata pantai yang ada di sekitar Kota Pariaman tampak begitu membeludak dipadati pengunjung, Tidak terkecuali diantaranya Pantai Kata Pariaman.

Seperti terlihat Minggu kemarin, dimana objek wisata Pantai Kata Pariaman terlihat sangat ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Zulhadi, salah seorang pengunjung yang dikonfirmasi Minggu kemarin mengaku sangat terkesan dengan pemandangan keindahan pesona alam yang terdapat di sekitar kawasan Pantai Kata Pariaman.

"Selain itu suasana taman di sini juga sangat nyaman apalagi karena dilengkapi pula dengan sarana bermain bagi anak-anak, seperti yang terlihat di salah satu sudut di taman ini," ujarnya sembari menunjuk ke lokasi tempat bermain anak-anak yang ada di kawasan Pantai Kata.

Lebih jauh Zulhadi menambahkan, agar kawasan objek wisata Pantai Kata bisa lebih nyaman bagi anak-anak, pihaknya ikut menyarankan agar fasilitas bermain anak-anak yang ada di kawasan itu bisa dilengkapi dengan fasilitas pelindung atau atap, sehingga anak-anak bisa menikmati berbagai fasilitas bermain di kawasan itu, tak peduli meski cuaca sedang terik atau pun hujan.

"Karena dengan kondisi yang ada sekarang, tentu suasanya kurang nyaman bagi anak-anak, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya. Lain halnya jika dilengkapi  dengan atap pelindung, seperti yang terlihat di Kota Padang, tentu anak-anak bisa lebih leluasa dan nyaman untuk bermain," imbuhnya.

Terpisah, Mak Uniang, begitu panggilan akrabnya , salah seorang penjaga mushalla Al Mughni yang terdapat di kawasan Objek Wisata Pantai Kata ketika dikonfirmasi terpisah mengakui jika akhir-akhir ini jumlah pengunjung objek wisata Pantai Kata Pariaman cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

"Apalagi saat ini kondisi taman bermain di sekitar objek wisata ini juga terbilang sudah sangat bagus dan tertata dengan baik, sehingga pengunjung pun bisa merasa lebih nyaman untuk beriwsata ke sini," terangnya.

Diakuinya, jumlah pengunjung ke Pantai Kata biasanya cenderung sangat ramai pada saat hari libur atau hari Minggu. Selain itu alasan lain pengunjung merasa tertarik datang ke objek wisata Pantai Kata Pariaman, karena suasananya terbilang aman dari berbagai gangguan kamtibmas.

"Kalau di Pantai Kata ini sejak dulunya pengunjung memang terbilang sangat aman dari berbagai gangguan. Karena selama ini para pemuda di sini juga aktif  menjaga keamanan pantai di daerah mereka," terangnya.

Sebagai penjaga mushalla yang ada di kawasan Pantai Kata dimaksud, Mak Uniang tak luput berharap kiranya ke depan berbagai fasilitas pendukung di sekitar kawasan Pantai Kata bisa terus dilengkapi. Termasuk diantaranya perlunya pengaturan rambu-rambu  lalu lintas terkait pengaturan kecepatan lalu lintas  kendaraan saat melintasi kawasan objek wisata kebanggaan rang Piaman ini. Demikian pula halnya kelengkapan marka jalan lainnya.

"Karena seperti diketahui, ruas jalan di sekitar objek wisata Pantai Kata ini kan terbilang cukup lebar, sehingga para pengendara pun terkadang sering terpacu andrenalinenya untuk memacu kendaraan mereka. Padahal ruas jalan ini juga ramai dimanfaatkan pengunjung, termasuk anak-anak, sehingga tentunya perlu pengaturan khusus untuk itu," terangnya.


Tidak jauh berbeda, Reni salah seorang pengunjung Pantai Kata Pariaman juga menyebutkan, perlunya fasilitas pendukung berupa rambu-rambu lalu lintas atau marka jalan guna mengatur laju kecepatan kendaraan yang tengah melintas di sekitar kawasan objek wisata tersebut. "Karena kan seperti diketahui, pengunjung yang datang ke sini, kebanyakan juga datang bersama anak dan keluarga mereka, sehingga jika tidak ada pengaturan kecepatan kendaraan dikhawatirkan kondisinya bisa membahayakan keselamatan mereka sebagai pengunjung," bebernya.

Seperti terlihat di sekitar kawasan objek wisata Pantai Kata Pariaman, selain telah dilengkapi dengan fasilitas bermain untuk anak-anak, kawasan itu juga telah dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Seperti fasilitas mushalla untuk mendukung kegiatan ibadah pengunjung, demikian pula fasilitas tempat duduk atau fasilitas pendukung untuk tempat bermain keluarga lainnya.

Tidak kalah pentingnya, didukung ombaknya yang tenang, tak heran jika kawasan objek wisata pantai di sekitar Pantai Kata Pariaman juga banyak dimanfaatkan untuk kepentingan mandi-mandi bagi pengunjung. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja, namun juga tidak sedikit diantaranya juga dimanfaatkan anak-anak balita.

"Kalau setahu saya, di Pantai Kata ini terbilang memang sangat aman untuk mandi-mandi. Pasalnya, di kawasan ini boleh dikatakan nyaris belum pernah pengunjung yang mengalami nasib naas akibat terseret ombak. Mungkin karena pantainya yang landai dan dangkal," sebutnya. (ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: