Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mantan Walinagari Siap Tampil Menggebrak

Senin, 04 Juni 2018 | 11:54 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z

PADANG PARIAMAN, (Reportase Sumbar)---Sejumlah mantan walinagari di Kabupaten Padangpariaman agaknya kembali bakal siap menggebrak, setelah kembali terpilih sebagai walinagari hasil pemilihan walinagari secara serentak yang berlangsung baru-baru ini.

Sebut misalnya Walinagari Pauh Kambar terpilih, yaitu M Nur, yang pada periode sebelumnya juga pernah menjabat sebagai walinagari.

Saat dihubungi Rabu kemarin di Pariaman, M Nur menyebutkan prioritas utama pihaknya sebagai walinagari terpilih yaitu bagaimana membenahi dan menata kembali bidang ekonomi, pendidikan dan bidang keagamaan.

“Karena bidang ekonomi merupakan salah satu faktor penting, agar aktikvitas ekonomi masyarakat bisa kembali bergairah. Demikian pula halnya  penataan pasar, ke depannya juga  akan menjadi prioritas utama bagi kita,” terangnya.

Tidak kalah pentingnya lanjut M Nur, bidang pendidikan ke depannya juga perlu menjadi perhatian khusus, karena bila pendidikan telah baik, maka tentunya akan ikut berdampak positif terhadap kemajuan pembangunan nagari.
Demikian pula halnya pengembangan lembaga pendidikankeislaman seperti TPA/TPSA dan sebagainya.

Khusus pemberdayaan bidang keagamaan, pihaknya lanjut M Nur nantinya juga akan bekerjasama dengan  jajaran kepolisian, termasuk diantaranya untuk menangkal masuknya berbagai faham radikal yang bias mengarah pada tindakan terorisme dan sejenisnya.

“Yang jelas, sebagai walinagari nantinya kita tentu juga sangat membutuhkan masukan dari berbagai pihak, terutama bagaimana nantinya mengembangkan dan meningkatkan kesadaran beragama di tengah kehidupan masyarakat, terutama yang berhubungan dengan penanaman nilai-nilai ajaran Islam yang bersifat rahtaman lil alamin. Dan bukannya yang menimbulkan huru hara seperti yang ditimbulkan oleh paham radikal atau kelompok teroris lainnya,” imbuhnya.

Khusus untuk peningkatan sector ekonomi masyarakat yang ada di Nagari Pauh Kambar, menurut M Nur tentunya juga tidak bias terlepas dari kehadiran Pasar Pauah Kamba, yang selama ini telah menjadi sentral perputaran uang dan ekonomi yang ada di Nagari Pauah Kambar selama ini.

“Untuk itu tentunya juga berharap agar ke depannya keberadaan Pasar Pauah Kambar ini nantinya bias ditata sedemikian rupa, kalau bias hendaknya pasar ini nantinya juga bias mendapat bantuan dari pihak departemen terkait di pusat, sehingga keberadaannya bias semakin berkembang dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” sebutnya. (RIS)
×
Berita Terbaru Update