Sabtu, 12 Mei 2018

Desa Palak Aneh Siapkan BUMdes



PARIAMAN (Reportase Sumbar)---Guna memacu peningkatan pendapatan desa, maka Desa Palak Aneh saat ini tengah bersiap merampungkan kehadiran Badan Usaha Milik Desa atau BUMdes, di desa tersebut.

Seperti diakui Kepala Desa Palak Aneh, Azwir, salah satu prioritas utama pihaknya pada tahun ini yaitu bagaimana membentuk kehadiran BUMdes di desa tersebut. "Untuk bidang usahanya kita telah merancang layanan jasa sewa pelaminan lengkap sebanyak satu shet. Dan saat ini alhamdulillah sudah mulai berjalan," terangnya, dihubungi di Desa Palak Aneh kemarin.

Selain usaha jasa sewa pelaminan  pihaknya juga menyiapkan beberapa jenis usaha lainnya, seperti usaha bidang pertanian atau pemberdayaan pertanian lainnya.

"Adapun bentuk usahanya mungkin bisa saja dalam bentuk pengadaan kebutuhan alat-alat alsintan, pengadaan bibit, hingga alat pemberantasan hama pertanian lainnya, termasuk diantaranya jasa pengumpulan usaha pertanian," sebut Azwir.

Diakuinya, sejauh ini hasil produksi pertanian masyarakat di Desa Palak Aneh baru berkisar 2,5 ton perhektarenya. Sementara itu luas lahan pertanian di Desa Palak Aneh mencapai 48 hektare.

"Jadi ke depan inilah nantinya yang akan lebih kita pacu lagi, termasuk nantinya bagaimana memberikan sentuhan terkhnologi terhadap usaha pertanian masyarakat yang ada," terangnya.

Pihaknya mengaku optimis jika kehadiran BUMdes Desa Palak Aneh nantinya bakal memiliki prospektif yang cukup menjanjikan, apalagi jika dikelola secara serius dan sungguh-sungguh. (ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: