Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

OPD Mesti Bersinergi Tekan Angka Kemiskinan

Rabu, 07 Maret 2018 | 15:03 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z

PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)---Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengingatkan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Padangpariaman untuk bisa bersinergi dalam menerapkan program guna menekan angka kemiskinan di daerahnya. "Seluruh OPD memiliki tugas berbeda-beda tapi tujuannya tetap sama yaitu mensejahterakan kehidupan warga Padangpariaman," kata Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur kemarin.

Katanya, apabila dalam mencapai tujuan tersebut dilakukan secara bersamaaan maka angka kemiskinan di daerah itu dapat ditekan dari tahun ke tahun. "Seperti pada bidang pendidikan sebagai faktor utama untuk mencapai kesejahteraan," katanya.

Dikatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Kesehatan dapat bersinergi dalam menciptakan generasi cerdas guna menciptakan Padang Pariaman yang sejahtera.  Hal itu dapat diwujudkan ketika Dinas Kesehatan juga berupaya menjaga kesehatan dan kebugaran pelajar di daerah itu.

Selain itu, ketika pemerintah tengah membangun suatu daerah seperti pembangunan kawasan terpadu Tarok di 2x11 Kayu Tanam yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat maka seluruh OPD mendukungnya melalui program yang ada di masing-masing instansi.

Ia menyebutkan, angka kemiskinan di daerah itu pada 2015 yaitu 8,86 persen sedangkan pada 2016 menjadi 8,91 persen atau naik 0,05 persen. dengan pendapatan Rp1,4 juta per bulan untuk empat anggota keluarga.

Hal tersebut bertolak belakang dengan pembangunan baik fisik maupun non-fisik yang sedang dilakukan di daerah itu.  "Ini yang membingungkan dan kita harus mencari solusinya," ujarnya.

Karena itu setiap OPD harus membuat program yang dalam penerapannya dikerjakan bersama-sama agar angka kemiskinan pada 2018 dapat ditekan. Namun untuk menekan angka tersebut pihak kecamatan dan nagari juga harus ikut bersinergi agar angka kemiskinan di daerah itu turun. (ris)
×
Berita Terbaru Update