Senin, 05 Maret 2018

Lamtera Sangat Bantu Masyarakat

PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar.Com)---Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur melakukan pemasangan lamtera untuk masyarakat miskin yang belum menikmati fasilitas penerangan listrik.  Belakangan diketahui, program yang terlaksana atas dukungan unsur TNI dari jajaran Kodim 0308 Pariaman itu memang dirasakan sangat manfaatnya alam membantu masyarakat.

"Kita dari Pemkab Padangpariaman sangat mendukung apa yang telah dilaksanakan Kodim 0308 Pariaman selama ini kepada masyarakat di daerah ini," kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat mendampingi Bupati Tanjung Jabuang Jambi melihat program Lamtera di Kecamatan Padang Sago, Sabtu kemarin.

 Sebelumnya, Wakil Bupati Padangpariaman itu menyambut kedatangan Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi H.Romi Harianto dengan Wakil Bupati H.Robby Nahriasah Forkompinda Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam rangka silaturahmi dan study banding tentang 1000 lampu tentara rakyat (lamtera) di Kabupaten Padangpariaman.

Hadir Ketua DPRD H.Faisal Arifin , anggota DPRD AlfaEdison,DandimDO308 Letkol Arh Hermawansyah, Kejari Pariaman,Efrianto ,OPD Pemkab Padangpariaman,Camat,Walinagari danrombongan lainnya. Suhatri Bur menyatakan, Lamtera merupakan program yang telah menerangi rumah masyarakat miskin di Padangpariaman. Lamtera bertujuan menghadirkan tentara bersama Pemkab Padangpariaman di tengah masyarakat dengan bekerjasama bahu membahu menerangi daerah yang belum teraliri listrik.

Dikatakan, di Padangpariaman sudah dipasang di Kecamatan Sungai Limau dan Padang Sago. Di Kecamatan Sungai Limau sebanyak 100 kk dan akan terus ditambah di Kecamatan Padang Sago. "Program ini diterapkan TNI bersama pemkab untuk daerah terpencil dan masyarakat miskin. Sehingga masyarakat merasakan arti kemerdekaan," ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, inilah yang dibutuhkan untuk menerangi setiap pelosok Padangpariaman. "Sekarang baru TNI yang melaksanakan, namun tahun depan kita laksanakan bersama TNI, karena masih banyak daerah di pelosok Padangpariaman yang belum beruntung mendapatkan aliran listrik. Dengan program dapat menerangi Kabupaten Padangpariaman yang terkenal dengan kabupaten pendidikan di Sumatra Barat ini," ujarnya.

Suhatri Bur menyatakan, lamtera ini memang merupakan hal yang dibutuhkan masyarakat setempat. Pemkab Padangpariaman sangat berterimakasih atas kegitan ini, yang telah memudahkan masyarakat. Ini akan jadi pendorong bagi pemerintah daerah untuk juga terus aktiv meningkatkan peran dalam mamajukan masyarakat.

"Program Lamtera itu melalui pendistribusian Lampu Light Emitting Diode (LED) Lampu ekonomis dengan memanfaatkan Aki. LED yang diproduksi oleh mantan dosen ITB Ujang Koswara, dibuat khusus dengan setrum dari aki kendaraan bermotor. Selain jadi hemat energi, lampu itu mengurangi gas karbondioksida. Ini merupakan program Limar yakni Listrik Mandiri Rakyat," paparnya.

Sementara Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabuang Timur, Propinsi Jambi, H Romi Hariyanto dan Wakilnya H Robby Nahlyansyah menyatakan ia hadir bersama rombongannya dari Kabupaten Tanjung Jabuang, karena  kagumi dua program Pemkab Padangpariaman.

Kedua program Pemkab Padangpariaman tersebut adalah pemasangan lamtera di rumah-rumah masyarakat miskin di Kecamatan Padang Sago dan pelaksanaan gontong royong bulanan. Pasangan bupati dan wakil bupati tersebut langsung mencontoh ke dua program tersebut.

"Kita akui dua program Pemkab Padangpariaman ini langsung kita laksanakan di Kabupaten Tanjung Jabuang. Sebab, biasanya pelaksanaan gontong royong dilaksanakan masyarakat, sekarang di Padangpariaman dilaksanakan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," kata Bupati Tanjung Jabuang H Romi Hariyanto dan Wakil Bupatinya, H Robby Nahlyansyah  usai meninjau pemasangan lampu lantera di Kecamatan Padang Sago, kemarin.

Jadi katanya, ia datang ke Padangpariaman ini hanya ingin mencontoh program Pemkab Padangpariaman ini, mulai dari lamtera berkerja sama dengan TNI dan gotong royong sekali sebulan yang dilaksanakan secara pindah-pindah kecamatan dalam kabupaten. "Dua program ini sangat bagus dan bersentuhan langsung dengan masyarakat," ungkapnya. 

Sedangkan Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah  menyebutkan, 1 lampu Lamtera bisa digaransi selama 10 tahun, 3 jam cas melalui genset maka dapat dipakai selama 1 bulan yang berbahan LED.
"Bisa, dengan daya 1 watt mampu terang 10 watt dan biaya cash cuma bayar Rp2000, se bulan. Semua itupun dibantu oleh Babinsa di lapangan untuk pemasangan dan pengecasan dibantu Babinsa memasang," tambahnya mengakhiri.(ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: