Jumat, 26 Januari 2018

Rakor KPU Padangpariaman Lahirkan Kesepahaman

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Ketika Berbincang-Bincang dengan Komisioner KPU Kabupaten Padang Pariaman, di usai rapat koordinasi pembentukan PPK dan PPS dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2019 ( Fhoto : Yurisman Malalak)

PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)--Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menegaskan komitmen dan kesiapan Pemkab Padang Pariaman untuk mendukung kelancaran tugas-tugas KPU, terutama demi suksesnya pelaksanaan pemilu di Kabupaten Padang Pariaman.

"Pada prinsipnya kita dari pemerintah daerah selalu siap membantu tugas-tugas KPU, tentunya sepanjang hal itu sesuai aturan yang ada. Termasuk diantaranya mungkin memfasilitas berbagai kebutuhan PPK atau PPS, yang akan ditempatkan di tingkat nagari atau kecamatan," kata Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur saat acara rapat koordinasi tentang penetapan PPK dan PPS dengan jajaran KPU Padangpariaman di Aula KPU Padang Pariaman di Paritmalintang pada Kamis kemarin.

Selain dihadiri Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Ketua KPU Zulfami serta jajaran divisi KPU Padangpariaman lainnya, rakor Kamis kemarin juga dihadiri para camat di lingkungan Pemkab Padangpariaman, jajaran Polres Kota Pariaman dan Polres Padang Pariaman, jajaran Kajari Pariaman, serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu Suhatri Bur juga tak lupa mengingatkan seluruh jajaran camat di Lingkungan Pemkab Padang Pariaman agar terlibat aktif memfasilitasi berbagai keperluan PPK atau PPS, khususnya untuk kebutuhan sekretariat. Demikian pula merekomendasikan nama calon sekretaris atau petugas sekretariat yang dinilai memiliki nilai independen.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Padang Pariaman, Zulnaidi menyebutkan, kegiatan rakor yang berlangsung Kamis kemarin memang sangat penting artinya, demi suksesnya pelaksanaan pemilu dan menjaga nama baik Kabupaten Padang Pariaman. (ris)

"Sesuai tujuannya, target dari rakor ini bagaimana melahirkan kesepahaman bersama antara KPU dengan jajaran Pemda Padangpariaman, serta instansi terkait lainnya. Termasuk dengan jajaran camat pihak kepolisian dan dinas instansi terkait lainnya," terangnya,

Khusus untuk penetapan PPK sendiri lanjut Zulnaidi, mulai Jumat besok (hari ini,red) sudah mulai dilakukan pengumuman perekrutan tenaga PPK. Dan selanjutnya untuk tujuh hari berikutnya dilanjutkan dengan proses rekrutmen anggota PPK.

Terpisah Ketua KPU Padang Pariaman, Zulfami saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengakui, rakor penetapan PPK dan PPS tersebut terutama dimaksudkan untuk menyatukan persepsi antara pihak KPU dengan pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya. Khususnya terkait penetapan PPK dan PPS di tingkat kecamatan dan nagari nantinya.

"Karena seperti diketahui, dalam penetapan PPK dan PPS, nantinya ada beberapa kewajiban yang mesti dilakukan pihak pemerintah daerah. Baik itu dalam hal penempatan personil, penetapan sekretariat atau yang lainnya," terangnya.

Pihaknya berharap dengan telah terbangunnya kesepahaman dengan berbagai pihak, diharapkan ke depan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Padang Pariaman. "Baik itu pemilu legislatif maupun pemilu presiden bisa berlangsung," tandasnya.(ris)


SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: