Kamis, 11 Januari 2018

PDAM Terkendala Sumber Air, Aminuddin : Akibat Sumber Air Asam Pulau Belum Berfungsi


PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)--Ketersediaan fasilitas air bersih untuk masyarakat tentunya adalah sebuah keniscayaan. Karena itulah jajaran Pemkab Padangpariaman seperti diakui Bupati Ali Mukhni sangat berkomitmen untuk terus melengkapi berbagai fasilitas pendukung air bersih di daerah ini. Dengan begitu ke depannya diharapkan kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat bisa dipenuhi seperti diharapkan.

"Untuk itulah  kita meminta kepada Direktur PDAM Padangpariaman bersama jajaran dan karyawannya agar terus proaktif dan rajin melakukan terobosan serta mencari berbagai novasi baru demi kemajuan perusahan ke depannya," demikian ditegaskan Bupati Ali Mukhni, di sela-sela kunjungannya ke kawasan Tarok kemarin.

Disebutkan, tentunya hanya dengan berbagai inovasi baru PDAM Padangpariaman akan berkembang dan semua masyarakat di daerah ini bisa mendapatkan layanan air bersih dari PDAM, sebagaimana diharapkan semua pihak.

Di pihak lain, menanggapi hal itu,    Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Padangpariaman, Aminuddin menyebutkan hingga kini tingkat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan air bersih dalam daerahnya sangat tinggi.

"Di Kecamatan Lubuk Alung saja misalnya sampai saat ini ada sekitar 10000 konsumen yang telah terdata untuk bisa mendapatkan air bersih. Namun, kita sekarang terkendala, karena sumber di Asam Pulau masih belum dapat dioperasikan, karena belum ada penyerahan dari Dinas Perkerjaan Umum (DPU) Padangpariaman," kata Direktur PDAM Padangpariaman Aminuddin, kemarin.

Katanya, PDAM Padangpariaman dapat mempergunakan sumber air tersebut setelah adanya penyerahan dari DPU. Sebab, PDAM hanya sebagai operator dalam memfungsikan sumber air dimaksud, kalau telah ada penyerahan dari DPU. "Karena belum ada penyerahan sumber Asam Pulau tersebut tentu hingga kini kita belum bisa berbuat apa-apa, termasuk belum bisa mengambil air dari sumber tersebut," ujarnya.

Dikatakan, tahun 2017 kemarin PDAM Padangpariaman sukses menyelesaikan pemasangan sambungan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 2221. Artinya setiap tahun konsumen PDAM Padangpariaman selalu bertambah, namun penambahan sumbungan rumah tersebut tentu disesuai  dukungan jaringan pipa distribusi.

"Untuk tahun 2018 kita mengusulkan pemasangan MBR 3000 sambungan. Dengan MBR ini kita PDAM Padangpariaman semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan dalam bidang pendapatan tiap bulan, Kenapa tidak semakin banyak pelanggan PDAM otomatis uang masuk ke kas setiap bulan bertambah. Sekarang saya mengajak semua karyawan PDAM untuk berkerja keras agar PADM sehat dan karyawan sejahtera," katanya.

Lebih jauh dikatakan Aminuddin, saat ini untuk menambah pendapatan PDAM, pihaknya bersama jajaran PDAM Padangpariaman sedang merencanakan membangun kemasan air isi ulang. Artinya, PDAM akan membuat pabrik seperti air kemasan isi ulang tersebut. "Saya barusan pulang dari sumber air yang akan kita pergunakan untuk membuat air kemasan isi ulang," pungkasnya mengakiri.(ris)



SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: