Kamis, 25 Januari 2018

Enam Nagari di Kecamatan Patamuan Segera Gelar Pilwana

Ilustrasi Pilwana Serentak Padang Pariaman
Padang Pariaman (Reportase Sumbar)---Sebanyak enam nagari di lingkungan Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman bakal segera menggelar pemilihan walinagari.  Seperti diakui Camat Patamuan, Hasan Basri, secara umum sejauh ini segala persiapan telah berjalan dengan baik. "Termasuk diantaranya untuk pendaftaran calon sendiri juga telah berjalan seperti diharapkan, Jadi saat ini hanya tinggal melengkapi sejumlah administrasi administrasi dan beberapa kelengkapan lainnya. Selebihnya bisa dikatakan sudah tidak ada masalah lagi," imbuhnya.

Sebagai camat pihaknya berharap agar pelaksanaan pemiliha walinagari bisa berjalan dengan lancar serta tanpa adanya kendala yang berarti. Untuk itulah lanjutnya, pihaknya selaku camat terus mengingatkan semua pihak di daerah ini agar bisa melakansakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Seperti diketahui lanjut mantan Camat Padang Sago ini, dari enam nagari yang ada di lingkungan Kecamatan Patamuan, tiga diantaranya merupakan nagari pemekaran dari tiga nagari induk yang ada sebelumnya.

Sambut Antusias

Di pihak lain, Hasan Basri juga mengakui, betapa elemen masyarakat yang ada di Patamuan juga sangat menyambut antusias sejumlah program pembangunan yang berlangsung di daerah mereka. Salah satunya sejalan dengan rencana pembukaan jalan dari arah kawasan terpadu Tarok di Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam.  Hal itu lanjutnya terungkap saat beberapa kali pertemuan yang berlangsung dengan tokoh masyarakat Patamuan.

"Ya betapa tidak, karena dengan akan dibukanya ruas jalan tersebut tentunya akan membuat daerah Patamuan dan sekitarnya akan makin berkembang. Termasuk nantinya di sekitar ruas jalan itu nantinya juga akan bermunculan pula beragam usaha baru. Belum lagi harga tanah di sepanjang ruas jalan tersebut juga akan jauh lebih berharga dari nilai yang ada saat ini," terangnya.

Sebagaimana informasi yang diterima pihaknya, bahwa Bupati Ali Mukhni sendiri menginginkan ruas jalan baru tersebut nantinya akan bisa terhubung secara langsug dengan jalur ruas Tandikek- Malalak, yang membentang di sekitar Kecamatan Patamuan.

Hanya saja lanjutnya, untuk memfinalkan rencana tersebut pihaknya dari pemerintahan kecamatan akan terus berupaya melakukan pendekatan dengan berbagai elemen yang ada di daerah itu. Terutama tentunya dengan para pemilik lahan yang ada.

"Karena seperti keinginan Pak Bupati, ruas jalan tersebut sedianya akan dibangun semaksimal mungkin. Mungkin lebarnya bisa saja mencapai 75 meter. Dan untuk selanjutnya ruas jalan itu nantinya akan dikembangkan menjadi jalur dua," imbuhnya.

Untuk itulah pihaknya mengimbau masyarakat di lingkungan Kecamatan Patamuan , khusus para pemilik lahan yang ada, agar nantinya bisa mendukung penuh program pembangunan ruas jalan tersebut. "Karena bagaimanapun yang akan diuntungkan dari pembangunan ruas jalan tersebut nantinya jelas adalah masyarakat sendiri, khususnya masyarakat yang lahannya ada di sepanjang ruas jalan tersebut," imbuhnya.

YURISMAN MALALAK

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: